Pemuda Kreatif, Bangsa Produktif

Wakil Walikota Palembang. Harnojoyo, saat memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

Wakil Walikota Palembang. Harnojoyo, saat memimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

PALEMBANG KS-Dengan diperingatinya Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari Senin (28/10), Pemerintah Kota Palembang mengajak pemuda Indonesia, khusunya pemuda yang ada di kota Palembang agar terus tumbuh berkembang mengisi kehidupannya dengan kreatif dan produktif dan membangun masa depan bangsa dengan karya, kreativitas, serta semangat kemajuan dan kebersamaan.. Demikian disampaikan Wakil Walikota Palembang, H Harnojoyo.

Kata Harnojoyo,  Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia yang dipelopori oleh anak-anak muda pada zamannya.

“Sumpah Pemuda adalah momentum untuk membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme di tengah-tengah hegemoni kolonialisme penjajah. Juga ini momentum sejarah penting untuk kembali direnungkan dan diaktualisasikan agar semangat yang terkandung didalamnya dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi seluruh bangsa ini untuk menggapai kejayaan agar hidup sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya,” katanya membacakan pidato tertulis Menteri Pemuda Dan Olahraga, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-85, di halaman kantor cabang gerakan pramuka, Candika Palembang, Senin (28/10).

Jelas Harno, secara khusus momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini diarahkan menjadi tonggak pembangunan karakter bangsa, atas dasar semangat itulah peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini mengangkat tema “Mewujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi “.

“Tema ini mengandung pesan bahwa saat ini kita memerlukan figur-figur pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi, pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti, berahklak mulia, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta peduli terhadap sesama,” ungkapnya.

Sambung Harno, selain itu, Pemerintah juga berupaya untuk membuat pemuda berkarakter, menuju masa depan yang berkepribadian tangguh, patirotik, dan menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesiaan.

“Nilai-nilai itu diperlihatkan para pemuda dengan sinergi yang semakin kompak dan bersatu. Hal ini juga berkaitan dengan keberterimaan pemuda dengan UU Kepemudaan yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, dan secara mengglobal. Praktik pelaksanaan UU Kepemudaan tersebut sangat berarti karena diharapkan menjadi aturan main bersama, dalam kehidupan berpolitik, bersosial, berekonomi, berbudaya, dan sebagai bagian dari satu landasan hukum dan etik dalam kehidupan berbangsa,”tukasnya.  (Adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *