Pelajar Cukup Bayar Rp3500

trans-musi

PALEMBANG, KS-Tarif yang diberlakuan bus rapit transit (BRT) Transmusi, selama ini dinilai cukup memberatkan untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Apalagi tidak ada tarif khusus, untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Sebab semua penumpang dipatok dengan tarif yang sama.

Namun kedepannya, Transmusi akan memberlakukan tarif khusus untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Rencananya menurut Manajer Riset dan Pengembangan Transmusi, Among Nata Putra, akan memberikan diskon khusus untuk pelajar dan mahasiswa.

“Besarannya, belum bisa kita pastikan karena masih dikaji. Namun kemungkinan, dari tarif sekarang akan di diskon 25 persen. Artinya, pelajar dan mahasiswa cukup bayar Rp3500 dari tarif normal Rp4.500,” kata Among ketika dibincangi, Senin (28/10).

Untuk pemberlakuan tarif khusus pelajar dan mahasiswa ini sebut Among, pihaknya masih harus membenahi sistem. Saat ini jelas Among, dari sisi IT sudah dipersiapkan. “Tetapi aplikasinya, masih perlu persiapan lebih lanjut. Kita butuh waktu, untuk mempersiapkannya agar laporan keuangannya tidak salah,” ungkapnya.

Saat ini sambung Among, pihaknya tengah menggodok sistem apa yang akan diberlakukan untuk tarif khusus pelajar dan mahasiswa tersebut. Karena ada dua alternatif yang akan ditetapkan, yakni smart card teregistrasi atau memberikan diskon pada jam-jam tertentu.

“Untuk smart card terregistrasi ini, nantinya ada nomor seri yang akan diisi pada smart card. Sehingga pada saat pelajar dan mahasiswa mentapping kartu maka akan diketahui bahwa penumpang tersebut adalah pelajar,”ulasnya.

Among menyebutkan, pemberlakuan tarif khusus pelajar ini akan diterapkan mulai 2014 mendatang. Pihaknya tidak menargetkan berapa pelajar dan mahasiswa, yang dapat menggunakan fasilitas tersebut. “Kami tetap berharap, sebanyak-banyaknya pelajar dan mahasiswa dapat menikmati tarif khusus ini,”katanya.

Menanggapi rencana Transmusi ini, Agus (18), salah seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS) di Palembang yang dibincangi terpisah, menyambut baik rencana tersebut. Menurutnya,  memang sudah seharusnya Transmusi memberlakukan tarif khusus untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Itu sudah seharusnya, karena uang yang dimiliki mahasiswa dan pelajar itu tidak seberapa. Itu juga, masih minta dengan orang tua. Tarif selama ini, jujur saja cukup mahal bagi saya sebagai mahasiswa,” ungkapnya.

Ia berharap kebijakan itu, secepatnya diberlakukan. Soal bagaimana mekanisme penerapannya, kata Agus bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. “Bisa bekerjasama dengan pihak rektorat perguruan tinggi atau sekolah, dengan memberikan kartu khusus kepada penumpang yang berstatus pelajar dan mahasiswa atau dengan cara lainnya,” tukasnya.

Teks     : Alam Tri Putera

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *