MAN 3 Ikuti Lomba Robot Tingkat Nasional

Ilst. Robot

Ilst. Robot

PALEMBANG | KS-MAN 3 Palembang akan mengirimkan siswanya untuk mengikuti perlombaan robot tingkat nasional antar SMA Se-Indonesia yang rencananya akan di gelar di Jakarta.

Kepala Sekolah MAN 3 Palembang Drs H Ahmad Zainuri mengatakan, pihaknya akan mengirim 70 siswa untuk mengikuti lomba robot tingkat nasional yang akan digelar pada 7 November mendatang di Jakarta.

“Kita sudah menyiapkan 70 siswa untuk mengikuti lomba robot tingkat nasional, dengan lomba ini kita harapkan ke 70 siswa itu dapat menjadi salah satu juara dalam lomba tersebut,” ungkapnya.

Zainuri menambahkan, kepada seluruh siswa yang akan mengikuti lomba tersebut agar dapat memberikan kontribusi bagi MAN 3 dalam menambah prestasi dan menjadikan MAN 3 salah satu sekolah agama yang mampu bersaing dengan sekolah umum dalam jenis perlombaan lainnya.

Sementara itu, Husnul Masyitoh peserta dari MAN 3 dalam lomba robot tersebut mengatakan, Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik baik yang dapat dikontrol manusia maupun yang terprogram (dapat bergerak sendiri dengan otomotis). Dia menambahkan pada perlombaan robot ini timnya membuat robot mobil yang berfungsi sebagai alat pengintai.

“Untuk pembuatan robot mobil ini tidak mengalami kendala, hanya saja kinerja robot pada saat di aktifkan tidak mengikuti perintah,” katanya.

Ditambahkanya, untuk robot mobil ini hanya bisa dijalankan di tempat yang khusus yang bisa di dektesi oleh sensor garis. Sebelum dimasukan dalam lintasan robot tersebut harus di program terlebih dahulu.

Husnul menjelaskan, komponen yang ada pada robot tersebut terdiri dari dynamo, batre, papan sebagai bawahnya serta bannya, namun kekurangnya hanya saja robot ini tidak memiliki body mobilnya serta tidak adanya tombol on/off .

“Kita harapkan dengan lomba robot tingkat nasional ini, robot kita menjadi juara serta memiliki nilai jual yang tinggi,” ucapnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *