Distribusi Air Bersih Kembali Terganggu

Ilst Air Bersih

Ilst Air Bersih

PALEMBANG, KS-Dengan alasan menjaga kualitas air bersih terhadap pelanggan, lagi-lagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi kembali menghentikan sementara pasokan air bersih ke pelanggannya.

Kali ini, PDAM Tirta Musi menghentikan sementara pasokan air bersih ke 31 ribu pelanggannya selama kurang lebih 10 jam. Hal tersebut menurut Direktur Teknik PDAM Tirta Musi, Stephanus, dilakukan karena adanya pemeliharaan sistem pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) 3 Ilir.

“Pemeliharaan IPA 3 Ilir ini, akan kita lakuan Kamis (30/10) mendatang. Pemeliharaannya butuh waktu 10 jam, antara pukul 08.00 WIB-18.00 WIB. Selama pemeliharaan itu, kami himbau kepada pelanggan kita untuk menampung air. Karena distribusi air akan dihentikan sementara, dan baru kita alirkan kembali pada pukul 21.00 WIB,” kata Stepanus, Senin di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, pelanggan yang distribusi air bersihnya akan dihentikan sementara itu tersebar di sejumlah kawasan. Yakni 25 ribu pelanggan di Jalan Sultan Agung, Kelurahan 1 Ilir. Kemudian pelanggan di Jalan Perintis Kemerdekaan, 14 Ilir dan 16 Ilir.

Kemudian untuk wilayah Kalidoni yang meliputi  kawasan, Sematang Borang, Kebon Sirih, Kedamaian, Mayor Zein, Mata Merah dan lainnya ada 6000 pelanggan. “Sehingga total pelanggan, yang distribusi air bersihnya dihentikan sementara ada 31 ribu pelanggan,” bebernya.

Stepanus menerangkan dalam pemeliharaan IPA 3 Ilir ini, ada lima tahapan pekerjaan yang harus mereka lakukan. Yakni  pengurasan reservoar filter C, pembersihan filter C, pengurasan sediman no 6, pengurasan kanal sebelum sedimen, dan pengangkatan pasir reservoar filter C. “Untuk melakukan tugas tersebut kami menyiapkan lebih kurang 90 orang, dan ini semua dilakukan secara manual,”ungkapnya.

“Kami berharap, pelanggan memaklumi gangguan ini. Sebab apa yang kami lakukan ini, juga bagian dari peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. Jika pemeliharaan ini, sudah kita lakukan maka kualitas air bersih yang kita pasok ke pelanggan akan semakin jernih,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *