Timsel KPU Banyuasin Tetapkan 20 Nama

kpu

BANYUASIN | KS-Tim seleksi (timsel) calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin, telah menyelesaikan sejumlah seleksi calon komisioner KPU Banyasin,  seperti seleksi tertulis, kesehatan dan psikologis.

Hasilnya, timsel menetapkan 20 nama calon komisioner yang akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Sayangnya, timsel tak mau terbuka siapa-siapa saja nama-nama calon komisioner yang masuk ke tahapan selanjutanya tersebut.

Ditemui usai rapat penetapan 20 besar, calon komisioner KPU Banyuasin, kemarin sekitar pukul 16.30 WIB di salah satu rumah makan di depan simpang Jalan Lingkar Kompleks Perkantoran Pemkab Banyuasin, Ketua Timsel, Suharyono, tak mau menyebutkan 20 nama calon komisioner tersebut.

Ia beralasan, nama-nama calon komisioner KPU Banyuasin tersebut, bisa diperoleh di Sekretariat Timsel. Tetapi saat Kabar Sumatera, mendatangi Sekretariat Timsel, kondisinya dalam keadaan tertutup.

Namun informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, ke 20 nama calon komisioner tersebut adalah Adi Saputra, Agus Supriyanto, Dahri, Deni Hayatudin, Deni Sukmana, Firman Ardiansyah.

Kemudian, Hartawan Novianto, Hepri Yadi, Ibnu Haris, dan Ida Royani,

Ihsan Firdaus, Jonial Martin, Khairul Muluk, Maulidi,  Salinan, Samsul Elmi, Siti Rofiqoh, Sumargiono, Untung, dan Zulkifli.

Namun Suharyono menjelaskan, timsel di tugaskan KPU Sumsel untuk melaksanakan seleksi sampai menjaring 10 nama calon komisioner KPU Banyuasin.

“Ada 20 nama calon komisioner, yang sudah kita tetapkan. Mereka inilah, yang akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes wawancara yang akan dilaksanakan di Gedung Balai Penelitian Perkebunan (Balitbun) Sembawa, pada 29 Oktober mendatang,” ucapnya.

Dikatakannya, 20 nama itu merupakan calon yang dinyatakan lolos dalam uji tertulis, kesehatan dan psikologi. 20 nama calon komisioner KPU Banyuasin ini bebernya, akan dimintakan tanggapan dari masyarakat.

“Tiga hari kedepan, kita akan melakukan uji publik. Tujuannya, meminta tanggapan masyarakat terhadap track record calon komisioner KPU Banyuasin ini, apakah mereka bermasalah atau tidak. Kalau bermasalah, silahkan berikan informasi kepada kami, dan kita akan gugurkan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, seleksi calon komisioner KPU Banyuasin itu diikuti oleh 83 calon. Setelah melalui tahapan seleksi administrasi, hanya 63 calon yang dinyatakan lulus.

Ke 63 calon ini sebutnya, kemudian mengikuti seleksi tertulis dan kesehatan serta psikologi, sehingga kemudian di kerucutkan menjadi 20 besar. “Setelah itu, calon komisioner yang masuk 20 besar akan mengikuti tes wawancara untuk menentukan 10 besar. 10 nama itulah, kemudian kita serahkan ke KPU Banyuasin untuk dipilih menjadi lima nama sebagai komisioner KPU Banyuasin,” tukasnya.

Teks     : Diding Karnadi

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *