SMP 5 Undang Dosen Unsri Untuk Pemanfaatan Rawa

Siswa Sekolah SMP 5 Palembang

Siswa Sekolah SMP 5 Palembang

PALEMBANG | KS-Berada dilingkungan rawa membuat Sekolah Menegah Pertama (SMP) 5 Palembang kesulitan untuk mengelola lingkungan sekolahnya. Untuk mengatasi hal tesebut pihak sekolah SMP 5 Palembang mengundang dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) untuk memberikan materi tentang pemanfaat lingkungan hidup terkhusus di SMP 5.

Ade Dwi Sasanti SP, M.Si Dosen Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Unsri yang sekaligus menjadi narasumber mengatakan, untuk memanfaatkan lingkungan di sekitar sekolah perlu ada upaya untuk mengatasi permasalahan tentang lingkungan dengan mempersiapkan sumberdaya manusia berkualitas yang memiliki kemampuan untuk mengelola lingkungan dengan baik.

“Kita mengajak kepada seluruh guru maupun siswa agar dapat memanfaatkan rawa yang ada di sekolah tersebut dengan menjaga biota-biota yang ada dirawa, biar ini menjadi salah satu aset untuk kemajuan SMP 5,” katanya.

Tambahnya, di dalam rawa tersebut banyak terdapat biota-biota yang hidup, misalnya ikan dan lainnya. Dan ini menjadi aset bagi SMP 5 dalam membudidayakan biota-biota tersebut agar dijadikan penghasilan tambahan untuk kemajuan sekolah.

Kepala Sekolah SMP 5 Palembang Drs. H. Zulfikri, M.Pd mengatakan, perlu adanya pendidikan lingkungan hidup untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap lingkungan tidak harus dalam bentuk mata pelajaran tersendiri. Pendidikan lingkungan di semua jenjang pendidikan bisa dikaitkan dengan mata pelajaran lain.

“Persoalan pendidikan lingkungan hidup kini menjadi semakin penting, apalagi terkait dengan pengelolahan biota dalam air. Kita perlu mengajak para pelajar, agar mau memahami, memiliki kesadaran, dan mengubah perilaku yang lebih ramah terhadap lingkungan sekitar sekolah,” katanya.

Menurut Dia, pendidikan lingkungan hidup yang dikembangkan dalam pembelajaran secara umum sudah cukup baik. Meski demikian, tetap perlu dievaluasi lagi, terutama untuk menyesuaikan pelajaran dengan persoalan lingkungan hidup terkini.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Sutriana, S.Pd  mengatakan, banyak cara lembaga pendidikan formal memanfaatkan fasilitas yang ada di sekitar lingkungan sekolah sebagai salah satu sarana penunjang mata pelajaran. Itu yang dilakukan SMP 5 Palembang. Sekolah ini mengintegrasikan keberadaan rawa di lingkungan sekolah dengan mata pelajaran Biologi.

“Memanfaatkan rawa dengan mengembangbiakkan berbagai jenis ikan di sana, seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan lampam, ikan emas, dan lainnya,” bebernya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *