Muaraenim Nominator IGA 2013‬‬

‪‪muara-enim

MUARAENIM I KS-Kabupaten Muaraenim berhasil masuk dalam 25 Kabupaten/Kota (dari 17 Provinsi -red) yang menjadi nominator Innovative Government Award (IGA) Tahun 2013. Kabupaten Muaraenim menjadi nominator dalam kategori Pemberdayaan Masyarakat.

‪‪”Program pola Gerbang Serasan, yang menjadikan Muaraenim jadi nominator,” ujar Sekda Muaraenim H Taufik Rahman SH, melalui Asisten Perekobang dan SDA Ir H Hasanudin MSi didampingi Staf Ahli Bidang Pembangunan Ir H Ibrahim Zulkifli, Minggu (27/10).

‪‪Menurut Hasanudin, penghargaan IGA 2013 ini, merupakan salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan Kemendagri atas penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diamanatkan di dalam ketentuan Pasal 219 UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Inti dari IGA ini, adalah untuk memotivasi daerah baik yang sudah dapat atau belum, untuk  terus meningkatkan inovasi-inovasi yang positif sehingga dapat disebarluaskan dan memberikan inspirasi bagi daerah lainnya.

“Saat ini, kita masuk 25 nominator. Mudahan-mudahan kita bisa masuk empat besar sebagai pemenang IGA 2013,” tutur mantan Ketua Bapedda Muaraenim ini.

‪‪Sebenarnya, lanjut Hasanudin, ada empat kategori yang dinilai oleh Kemendagri yakni kategori Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Pelayanan Publik, Pemberdayaan Masyarakat dan Peningkatan Daya Saing Daerah. Muaraenim, berhasil dalam kategori Pemberdayaan Masyarakat, yakni dalam program pola Gerbang Serasan. Konsep tersebut sudah banyak menjadi percontohan dan dicontoh oleh daerah lain.

‪‪”Seleksi awal bulan November 2013. Diperkirakan Desember sudah ada pemenangnya. Seleksi dilakukan oleh tim pusat,” pungkas Hasanudin.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *