Kekayaan Bergerak Belum Direkap

Ilst.

Ilst.

PALEMBANG, KS-Pemerintah kota (pemkot) Palembang, belum memiliki data akurat kekayaan harta bergerak berupa kendaraan dinas  di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Palembang tahun 2013.

Namun menurut Kepala Bagian (Kabag) Perlengkapan dan Pengelolaan Aset Daerah, Setda Kota Palembang, Kapitul Ahliyah, saat ini tengah di data berapa banyak kendaraan dinas milik pemkot baik roda dua maupun roda empat di semua SKPD.

Sebenarnya sebut Kapitul, pendataan kendaraan dinas di semua SKPD ini dilakukan setiap satu tahun sekali. Sebab, hampir setiap tahun ada pembelian kendaraan baru yang dilakukan SKPD.

“Namun pendataan itu, belum valid. Sehingga kita lakuan pendataan ulang. Sehingga berapa banyak jumlah kendaraan dinas, yang tersebar di SKPD bisa kita ketahui datanya dengan valid,” bebernya.

Pihaknya sendiri sebut Kapitul, menargetkan akhir tahun ini pendataan tersebut sudah selesai dilakukan. Namun ia mengaku kesulitan, karena lambannya SKPD melaporkan setiap kekayaan yang ada di mereka ke bagian aset. “Memang masih banyak SKPD, yang belum melaporkan aset yang mereka miliki ke kita. Ini juga menjadi penyebab,  belum bisanya melakukan rekap aset yang ada,”bebernya.

Meski belum rampung melakukan pendataan harta kekayayan pemkot di 2013 ini, namun untuk kekayaan pemkot hasil pendataan di  tahun 2012 mencapai Rp4.090.607.932.856. Rinciannya,  Rp226.610.810.601 untuk aset tetap bergerak dan Rp3.863.997.122.255  untuk aset tetap atau tidak bergerak.

Semua aset itu, tersebar di SKPD, dan 16 kecamatan di Kota Palembang.   “Data aset tetap tahun 2013 ini, masih akan kita rampungkan terdahulu, sebelum akan dilaporkan,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *