Direksi PDAM Bakal Dipertahankan

pdam

PALEMBANG, KS-Walau sudah melalui masa perpanjangan, jajaran direksi di perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Musi, nampaknya akan bakal tetap tenang. Sebab regenerasi kepemimpinan, tidak akan terjadi di perusahaan daerah milik pemerintah kota  (pemkot) Palembang tersebut.

Itu karena, Wali Kota Palembang, Romi Herton sudah menjamin akan tetap mempertahankan direksi lama di PDAM Tirta Musi. “Kami masih mencari calon, yang memenuhi kriteria dari Kementerian PU. Kalau memang tidak ada yang mampu, pak Syaiful (Dirut saat ini) kita pertahankan,”kata Romi ketika dibincangi, kemarin.

Sebagai informasi, Syaiful DEA sendiri sudah dua periode menjabat sebagai orang nomor satu di perusahaan air bersih plat merah itu. Masa jabatannya, sebenarnya sudah habis namun diperpanjang sampai Januari 2014 saat kepemimpinan Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra.

“PDAM Tirta Musi, saat ini menjadi salah satu perusahaan air minum terbaik di Indonesia. Itu sebabnya, perlu pemimpin yang tepat seperti pak Syaiful. Sampai saat ini, kita belum menemukan orang yang tepat memimpinnya. Karenanya bisa saja, perpanjangan jabatannya sampai 10 tahun atau selama saya menjabat sebagai wali kota,” tegas Romi.

Untuk direksi lainnya seperti direktur teknik, direktur umum, maupun direktur keuangan sebut Romi, juga belum ada calon penggantinya. Meski begitu, kaderisasi tetap diupayakan agar kepemimpinan perusahaan ini bisa lebih maju, dengan mengoptimalkan tenaga internal PDAM dan seleksi secara umum.  “Saya ingin memberi garansi, kepada masyarakat bahwa PDAM Tirta Musi bisa melayani air bersih dengan lebih baik ke depan,”tegasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi), Rudie Kusmayadi menyebut, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 tahun 2007, jabatan direksi PDAM hanya berlaku untuk dua periode, untuk jabatan yang sama.

Masa jabatan tersebut, selama empat tahun. Untuk perpanjangan jabatan, bisa terjadi jika memang dibutuhkan saat pencarian calon pemimpin baru. “Perpanjangan tidak ada batasan. Ketentuan secara nasional, berlaku per enam bulan selama mencari sosok direksi baru,”jelasnya di Palembang belum lama ini.

Sementara itu, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palembang, Hardayani mengatakan, saat ini pemkot tengah mempersiapkan tim independen untuk seleksi direksi, sekretaris, dan anggota dewan pengawas PDAM Tirta Musi.“Tim seleksi ini, ada 10 orang yang merupakan tenaga ahli teknik, ekonomi, dan hukum. Merekalah yang akan menseleksi calon direksi, secara objektif,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *