BNN tak Dilibatkan KPU

bnn

PALEMBANG, KS-Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumsel, sampai saat ini masih belum bisa berpartisipasi dalam menentukan apakah calon legislatif (caleg) peserta pemilu bebas narkoba atau tidak. Soalnya, BNN belum diminta oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara pemilu, untuk melakukan tes narkoba terhadap caleg.

Hal ini dikatakan Kepala BNN Sumsel, Bontor Hutavea, yang dibincangi, usai memberikan paparan soal narkoba di Gereja HKBP, Minggu (27/10). Menurutnya, sebagai lembaga resmi yang ditugaskan untuk menangani narkoba, BNN siap membantu pemerintah dalam mengidentifikasi apakah caleg yang akan bertarung pada pemilu 2014 mendatang menggunakan narkoba atau tidak.

“Sebetulnya kita siap membantu, bahkan peralatan yang kita miliki sudah lengkap. Sehingga dapat digunakan, untuk mengecek apakah caleg tersebut menggunakan narkoba atau tidak. Namun, pemeriksaan itu belum bisa dilakukan lantaran belum ada permintaan dari KPU, selaku penyelenggara pemilu,” ujar Bontor.

Sementara itu Anggota KPU Sumsel, Herlambang mengatakan, semua calon anggota dewan telah mengikuti tes kesehatan jasmani dan rohani serta tes narkoba. Kalau ditanya mengapa tes bebas narkobanya bukan dari BNN, itu karena aturannya memang demikian.

”Jadi kita tidak ada keharusan untuk kerjasama dengan BNN. Karena dalam aturan, semua caleg diminta melampirkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba dari RS Pemerintah,” jelasnya.

Ditanya apakah caleg yang masuk DCT bisa dicoret karena menggunakan narkoba, Herlambang mengatakan, bila sudah masuk DCT pihaknya tidak ada lagi wewenang untuk mencoret atau menambah daftar caleg.

”Kalaupun yang bersangkutan tertangkap tangan menggunakan narkoba, kami hanya bisa menyampaikan surat rekomendasi ke partai. Selanjutnya partainyalah yang berwenang untuk mengambil keputusan apakah tetap dilanjutkan atau dicoret,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *