Bappeda Gelar Musrenbang RPJMD

muara-enim

MUARAENIM I KS-Guna mendapatkan masukan dan komitmen para pemangku kepentingan pembangunan daerah sebagai bahan penyempurnaan rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menjadi rancangan akhir RPJMD Kabupaten Muaraenim tahun 2013 – 2018.

Pemkab Muaraenim melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muaraenim menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD tahun 2013-2018.

Musrenbang RPJMD ini, dibuka secara langsung oleh Bupati Muaraenim Ir. H. Muzakir Sai Sohar dan dihadiri oleh Ketua dan anggota DPRD Muaraenim, Kepala SKPD lingkup Pemkab Muaraenim, utusan instansi vertikal d Pemkab Muaraenim, perwakilan BUMN/BUMS/BUMD, tim penggerak PKK, insan pers dan tamu undangan lainnya. Kegiatan ini, berlangsung di Ruang Rapat Bappeda Muaraenim, Kamis (24/10) lalu.

“RPJMD merupakan dokumen untuk jangka waktu lima tahun kedepan, guna memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat sesuai aspirasi yang berkembang melalui mekanisme yang berlaku,” tutur Kepala Bappeda Muaraenim, Ir. H. Abdul Nadjib, MM dalam pemaparannya dihadapan para peserta Musrenbang RPJMD.

Dokumen RPJMD ini, kata Nadjib, selanjutnya akan dijabarkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). RKPD merupakan perencanaan tahunan yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaannya.

“Sebagaimana amanat pasal 25 ayat (2) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dinyatakan bahwa RKPD menjadi pedoman penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBN). Untuk itu, penyusunan RAPBD Muaraenim harus berpedoman kepada RKPD sebagai penterjemah RPJMD, dalam mewujudkan perencanaan dan penganggaran terpadu,” terang Nadjib.

Narasumber dari Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Reza Fahlevi, mengatakan dari Musrenbang ini, diharapkan dapat mensinergikan pembangunan di Kabupaten Muaraenim dengan Provinsi Sumatera Selatan. Sekarang ini, permasalahan yang menjadi dasar dalam pembangunan diantaranya masalah pengangguran dan kemiskinan.

“Kita berharap melalui Musrenbang ini, pembangunan Kabupaten Muaraenim dengan Provinsi Sumsel dapat bersinergi dengan baik. Selain itu juga diharapkan dapat mengembangkan sektor riil, pembangunan sosial seperti bidang pendidikan, kemasyarakatan dan sebagainya. Serta berbagai pelayanan lainnya diantaranya pelayanan air bersih, kemacetan dan berbagai permasalahan lainnya,” ucap Reza.

Sementara itu, Bupati Muaraenim, Ir. H Muzakir Sai Sohar saat membuka Musrenbang RPJMD mengucapkan

terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim dari Kementrian Dalam Negeri yang telah mendampingi Bappeda Muaraenim dalam menyusun RPJMD tahun 2013-2018. Serta dirinya mengucapkan terima kasih kepada Bappeda Provinsi Sumatera Selatan yang telah memberikan dukungan dalam penyelesaian RPJMD ini.

“Kita berharap melalui Musrenbang RPJMD 2013-2018 ini dapat mewujudkan visi Kabupaten Muaraenim dengan mewujudkan masyarakat yang Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera atau SMAS. Sedangkan misi Kabupaten Muaraenim adalah meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, melaksanakan reformasi birokrasi, meningkatkan pengembangan ekonomi berbasis lokal, meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup,” pungkas Muzakir.

 

Teks : SISWANTO.

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *