Wacana Pemekaran Provinsi Sumsel

Peta Sumsel

Peta Sumsel

ADANYA aksi  gerakan dan wacana pemekaran Provinsi Sumatera Selatan agaknya patut disimak. Apalagi ketika digali  berbagai   pendapat  di  tengah-tengah masyarakat  mereka menyatakan  Sumatera Selatan agaknya sudah layak dimekarkan menjadi dua provinsi guna mendekatkan pelayanan pada masyarakat.

Ide pemekaran ini semata untuk mensejahterakan rakyat, bukan pelampiasan emosional bagi keserakahan jabatan. Sebab  dengan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat saat ini pelayanan terhadap masyarakat harus ditingkatkan, sehingga mereka dapat terlindungi untuk menjalakan roda ekonomi sehari-hari. Selain itu, masyarakat di pelosok yang jauh dari jangkauan pemerintahan dapat dilayani dengan berbagai pembangunan yang merata.

Jadi tidak berlebihan sekiranya sekarang ada wacana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara di wilayah Sumatera Utara, hal itu juga perlu ada penambahan provinsi di Sumatera Selatan yaitu Provinsi Sumatera Tengah.

Memang kita menyadari pemekaran di suatu daerah harus betul-betul untuk kepentingan masyarakat bukan pelampiasan oknum pejabat yang merasa tersisih oleh korban politik.

Namun ada juga pemekaran itu akibat pemimpin terlalu otoriter dan menahan bawahannya yang dijadikan lawan politik akibat pemilukada.

Kita melihat di Sumatera Selatan, tidak ada pratik tersebut, namun betul-betul membutuhkan pembentukan provinsi baru untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Untuk terbentuknya Provinsi Sumatera Tengah saat ini sudah ada beberapa kabupaten yang mewacanakan itu yakni Kabupaten Musirawas, Musirawas Utara (Muratara), Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musirawas Selatan yang sekarang baru menyusun presedium. Namun masih ada kabupaten tetangga seperti Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Lahat dalam lingkup Sumatera selatan.
Ada juga Kabupaten Sarolangun Jambi, Kabupaten Lembak di wilayah Provinsi Bengkulu berada di sekitar calon ibukota provinsi Sumatera Tengah yaitu Kota Lubuklinggau.

Sementara itu Partai Keadilan Sejahtera PKS mengusulkan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara dan daerah otonomi baru (DOB) dalam sidang paripurna DPR di Jakarta. PKS meminta usulan tersebut dimasukkan dalam Rancangan Undang-Undang usulan Komisi II Bidang Pemerintahan tentang Daerah Otonomi Baru.

Kalau kemudian wacana it uterus berlanjut menuju perwujudannya, maka kita mengharapkan agar semuanya benar-benar didasarkan atas tujuan untuk kemaslahatan rakyat. Terutama tentu saja untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mereka dan meningkatkan kesejahteraan  secara keseluruhan.

Wacana ini juga didasarkan pada kenyataan tingkat kemiskinan penduduk yang bermukim di desa-desa di Sumatera Selatan masih tinggi. Infrastruktur pun di tingkat pedesaan masih sangat banyak yang memprihatinkan. Belum lagi pembenahan pelayanan kesehatan, pendidikan dan peningkatan  perekonomian. Moga hal ini menjadi kajian bersama sebelum pembentukan provinsi baru tersebut direalisasikan. (Sarono P Sasmito)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *