Retribusi TPU Naik 100 Persen

Ilst. Retribusi

Ilst. Retribusi

PALEMBANG, KS-Masyarakat Kota Palembang, harus bersiap-siap untuk mengeluarkan biaya lebih jika ingin mengurus pemakaman untuk keluarganya di taman pemakanan umum (TPU) di metropolis. Pasalnya, Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan,dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang, berencana akan menaikan tarif retribusi perawatan pemakaman dari Rp50 ribu menjadi Rp 100 ribu.

Kepala DPJPP Palembang, Alex Fernandus beralasan, kenaikan tarif retribusi tersebut dikarenakan tarif retribusi yang ditarik dari masyarakat saat ini Rp50 ribu, sangat minim dan dan tidak bisa menutupi operasional pemeliharaan TPU di Palembang.

Karenanya DPJPP jelasnya, akan mengusulkan kenaikan retribusi TPU tersebut menjadi Rp100 ribu. Ini jelasnya dilakukan, selain untuk menutupi operasional pemeliharaan TPU juga untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palembang.

“Dengan adanya kenaikkan tersebut, kami pastikan kedepannya bisa memberikan sumbangan PAD lebih besar,”kata Alex yang dibincangi, kemarin.

Alex mengatakan, tarif retribusi pemakaman tersebut telah diatur dalam peraturan daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2004 tentang Penataan dan Retribusi Pemakaman. Dalam perda tersebut, dijelaskan retribusi pemeliharaan pemakanan Rp 50 ribu pertahun. “Dari retribusi yang hanya Rp 50 ribu tersebut, kami hanya mampu memberikan Rp120 juta untuk PAD. Padahal kita, dibebankan Rp150 juta unntuk menyumbang PAD,” ujarnya.

Dengan adanya kenaikan retribusi ini, Alex berharap target bisa tercapai. Kedepannya DPJPP, akan lebih meningkatkan pelayanan pada masyarakat yang ingin memakamkan. “Misalnya lingkungan di pemakaman akan terlihat lebih bersih,”ujarnya.

Kenaikan retribusi ini, Alex menambahkan, tidak hanya untuk TPU lama, namun juga seluruh TPU di Palembang, termasuk TPU modern seperti di TPU Kebun Bunga dan TPU Sako. “Setelah adanya masukan dari DPRD dan dinilai tidak memberatkan masyarakat, maka retribusi Rp100 ribu tersebut akan ditetapkan,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *