Petugas Dukcapil Datangi Sekolah-sekolah Perekaman E-KTP

ektp

 

MUSI  RAWAS, KS- Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan menerapkan jemput bola mendatangi sekolah-sekolah untuk lakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bagi siswa di daerah itu.

“Kita rutin melakukan perekaman e-KTP mobile mendatangi sekolah-sekolah tingkat SMA,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musirawas Dian Candra, Jumat.
Ia mengatakan, perekaman E-KTP itu mulai dari siswa usia 15 tahun sudah dibolehkan untuk melakukan perekaman, terutama sekolah yang jaraknya jauh dari ibu kota kabupaten.
Sebelumnya Disdukcapil Musirawas sudah melakukan perekaman E-KTP ke puluhan sekolah negeri dan swasta termasuk siswa anggota Paskibraka.

Sekolah-sekolah yang sudah dilakukan perekaman itu antara lain SMA YPBI 3 Tugumolyo, SMK Kharisma Tugumolyo , SMAN 1 Muara Beliti, SMAN Bingin Teluk dan SMKN Tugumulyo.
Selain itu SMAN 2 Muara Kelingi, Madrasyah Aliyah Tugumolyo, Madrasah Aliyah Muhajirin Tugumolyo, SMAN Terawas, SMAN Rupit 416 orang dan SMAN BTS Ulu.

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Musirawas Suharto mengatakan, perekaman dengan cara jemput bola itu menindaklanjuti Surat Edaran Kemendagri Republik Indonesia (RI) NO 471.13/6945/Disdukcapil/TGL 18 Juli 2013.

Dalam hal ini perekaman sidik jari, iris mata dan pas poto perekaman dibawah 17 tahun dengan memprioritaskan perekaman wajib E-KTP dan hasil rapat Koordinasi (Rakor) dengan seluruh camat Sekabupaten Musirawas tanggal 2 September 2013 lalu.

Ia menjelaskan, kecamatan yang telah menyampaikan hasil rekaman usia dibawah 17 tahun antara lain Kecamatan tugumolyo sebanyak 2.280 orangdari target 2.337 orang.

Selain itu Kecamatan Muara Beliti 573 orang target 1.124 orang, Kecamatan Rawas Ilir 399 orang yang ditargetkan 447 orang dan Kecamatan Terawas 414 orang yang ditargetkan 579 orang.

Bagi Kecamatan yang belum menyerahkan hasil perekaman usia dibawah 17 tahun agar secepatnya menyerahkan kepada Disdukcapil Kabupaten Musirawas karena waktu tinggal sedikit lagi dan harus segera diserakan, ujarnya.

Teks: Faisol

Editor: Sarono P Sasmito

 

 

 

Teks: Faisol

Editor: Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *