Kader PNPM Ikuti Pembekalan Jurnalistik

Redaktur Kabar Sumatera Junaedi Abdillah saat memberikan pelatihan jurnalis kepada Kader Pemberdayaan masyarakat Desa (KPMD), se Ogan Ilir

Redaktur Kabar Sumatera Junaedi Abdillah saat memberikan pelatihan jurnalis kepada Kader Pemberdayaan masyarakat Desa (KPMD), se Ogan Ilir

KAYUAGUNG, KS-Melalui pelatihan jurnalis kepada Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), Mandiri  se Kabupaten Ogan Ilir (OI), diharapkan peserta mampu menulis sehingga program PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Ogan Ilir (OI),  bisa disiarkan melalui media. Lantaran kegiatan yang selama ini dilakukan bersentuhan langsung dengan masyarakat dan butuh dipublikasikan.

Hal tersebut diungkapkan Redaktur Kabar Sumatera, Junaedi Abdillah, saat memberikan materi kepada para peserta, Jumat (25/10), di Penginapan Mikhial Ismi Celikah, Kayuagung, OKI selama tiga hari yakni 24-26 Oktober.

“Ya, ini sangat bermanfaat bagi para peserta. Dengan kemampuan menulis, diharapkan peserta bisa menambah kapasitas pelaku PNPM baik dari sisi pemahaman, pengawasan dan pemberitaan. Ini juga penting untuk menyamakan persepsi dalam mentransfer pegetahuan antar pelaku program dengan masyarakat,” sambungnya.

Ia menambahkan, pelatihan jurnalistik juga bertujuan untuk membangun dan menambah kapasitas pengetahuan terhadap jurnalistik yang nantinya peserta diharapkan bisa mengekspose kegiatan PNPM di kecamatan mereka masing-masing, sehingga masyarakat bisa mengerti dan memperhatikan dan bisa mengakses serta mengawasi kegiatan PNPM di diwilayah tersebut.

Wartawan Kompas TV wilayah Ogan Ilir, Amriza Nusatria menambahkan, dengan adanya pelatihan ini juga diharapkan peserta pelatihan yang semuanya dari unsure masyarakat dapat mengerti dan memahami tugas-tugas wartawan dilapangan. “Selain itu dapat bersinergi dengan tugas mereka di lapangan sebagai kader,” singkatnya.

Sementara itu, Ketua RBM OI, Zulkarnain mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalis yang selenggarakan bertujuan untuk memberikan ilmu jurnalis lantaran kegiatan yang dilakukan KPMD berkaitan dengan pemberian informasi kepada masyarakat.

“Para kader perlu dibekali pengetahuan jurnalistik, bukan untuk mencetak mereka sebagai jurnalis, tapi agar mereka memiliki semangat mempublikasikan setiap kegiatan positif di sekitarnya baik dengan mengirimkan press release ke media massa atau dengan membuat media sendiri seperti buletin atau blog,” ujarnya.

Peserta pelatihan jurnalis merupakan Kades KPMD, dan Petugas Lapangan (PL), berjumlah 66 orang  dari dari 11 kecamatan yang ada di Ogan Ilir.

Kegiatan tersebut berlangsung di Penginapan Mikhial Ismi Celikah, Kayuagung, OKI selama tiga hari yakni 24-26 Oktober.

Para pembicara yakni Redaktur Harian Umum Kabar Sumatera, Junaedi Abdillah, Redaktur Ogan Ilir Ekspres, Ary, wartawan Kompas TV, Reza Amriza dan wartawan Berita Pagi Henny Primasari.

Teks : Emil Hidayat

Editor: Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *