Hononer K2 Berharap Diangkat Jadi PNS

HONORER'

MUSIRAWAS | KS – Tenaga kerja honorer kategori dua atau K2 bekerja Kabupaten Musirawas berharap diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2013 ini.

“Kami menjadi tenaga kerja sukarela (TKS) di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Musirawas rata-rata sudah mengabdi di atas tiga tahun, namun belum ada kejelasan untuk menjadi PNS,” kata salah seorang guru honorer, Nurhayati di salah satu SD di Kecamatan Jayaloka, Jum’at (25/10) kemarin ketika dihubungi wartawan.

Ia berharap sebagai guru honorer di pedesaan ada kesempatan diangkat menjadi PNS, sudah menjadi guru honor sekitar enam tahun lalu, sejak pagi mengajar anak-anak di salah satu Sekolah Dasar Negeri, sementara honor diterima per bulan rata-rata di bawah ketentuan upah minimum.

“Di sekolah kami hanya ada dua orang guru PNS, sedangkan belasan guru lainnya masih berstatus honor mengajar kelas satu hingga kelas VI. Informasinya, pada penerimaan PNS 2013 guru honorer sudah masuk dalam daftar prioritas, namun nyatanya belum ada,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Musirawas, melalui Kasubid Pengaduan Kepegawaian Amin Subagia mengatakan, sampai saat ini belum menentukan serta menetapkan berapa formasi yang dibentuk untuk CPNS tahun 2013 dari honorer K2.

“Untuk kuota formasi PNS dari K2 di Musirawas saya kurang tahu, karena belum mendapatkan penjelasan seberapa banyak K2 yang akan diloloskan untuk menjadi PNS.

Seluruh Indonesia saja, belum ada yang tahu berapa jumlah formasi PNS dari K2, kewenangan daerah hanya diperkenankan melakukan tes. Sedangkan jumlah yang dibutuhkan belum ada keterangan dari Kementerian Aparatur Negara (Kemenpan),” jelasnya.

Ia mengakui, Pemerintah Kabupaten Musirawas saat ini membutuhkan tenaga kesehatan dan tenaga guru yang berstatus PNS, makanya untuk mengisi kekurangan tersebut dimanfaatkan Tenaga Kerja Sukarela (TKS).

Teks: Faisol

Editor: Sarono P Sasmito

 

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *