2015, Masyarakat 100 % Terlayani Air Bersih

air-bersih

 

PALEMBANG, KS-Wali Kota Palembang, Romi Herton menargetkan di 2015 mendatang pelayanan air bersih masyarakat Palembang, sudah bisa menjangkau 100 persen. Janji ini, disampaikan Romi ketika dibincangi, belum lama ini.

“Sekarang sudah 93 persen, warga Palembang menikmati air bersih. Angka ini, sudah diatas rata-rata MDG’S, yang hanya 70 persen. Ini akan kita tingkatkan lagi, agar seluruh masyarakat bisa menikmati pelayanan air bersih,”kata Romi.

Untuk mencapai target 100 persen tersebut menurut Romi, diperlukan perbaikan disegala bidang. Termasuk infrastruktur,  jaringan distribusi air juga harus diperhatikan. “Serta yang paling utama, adalah penambahan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Baku (Intake) di Seberang Ulu dan Seberang Ilir,”bebernya.

Lebih jauh Romi menjelaskan, saat ini PDAM Tirta Musi tengah menyusun feasibility study (FS) atau studi kelayakan, untuk pembangunan intake ini. “Kami berharap Desember mendatang sudah selesai,”ujarnya.

Disinggung soal pendanaan, Romi menyebutkan, pemkot akan berupaya untuk mendapatkannya dari pemerintah pusat. Walaupun begitu, dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Palembang pun sebutnya, tetap akan disiapkan.  “Air bersih ini untuk kebutuhan masyarakat luas, jadi harus kita prioritaskan. Kami berharap, ini mendapatkan dukungan dari masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PDAM Tirta Musi, Syaiful DEA menyebut Palembang membutuhkan tambahan instalasi pengolahan air (IPA) baru, dari tiga IPA yang sudah dimiliki saat ini yani IPA Karang Anyar, IPA Rambutan dan IPA Ogan.

Penambahan IPA tersebut menurutnya, sangat mendesak. Karena tiga IPA yang sudah ada, untuk kurun lima tahun kedepan sudah tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan produksi air bersih di Palembang.

“Jika IPA ini, tidak segera dibangun kita kuatir bisa menimbulkan krisis air bersih. Sebab  kapasitas IPA yang ada saat ini, sudah tidak mencukupi kebutuhan produksi air bersih, yang setiap tahunnya terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan air bersih,” ujarnya.

Ia menjelaskan, di Palembang membutuhkan tambahan pasokan air bersih 950 liter perdetik. Rinciannya, di kawasan Seberang Ilir sebesar 600 liter/perdetik. Sedangkan, untuk wilayah Seberang Ulu itu mencapai 350 liter perdetik.

“Kita merencanakan, IPA baru tersebut sudah mulai dibangun pada 2014 mendatang. Sebab tahun depan, kebutuhan air bersih kita di Seberang Ulu mencapai 776 liter perdetik, sementara produksi IPA kita hanya 600 liter perdetik,” ujarnya.

“Kekurangan itu, masih bisa kita atasi. Namun di 2015, kita tidak bisa menanggulanganinya lagi. Karena di 2015, kebutuhan air bersih di Seberang Ulu saja mencapai 815 liter perdetik ,” bebernya.

Sementara di Seberang Ilir, pada 2014 kebutuhan mencapai 2.780 liter perdetik. Di 2015 meningkat menjadi 2.919. “Karenanya IPA baru itu, mendesak. Untuk membangunnya, kita butuh 450 miliar, ditambah pembangunan jaringan Rp 800 miliar,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *