Tes Seleksi CPNS K2 Serentak Dengan Jalur Umum

cpns

PAGARALAM, KS-Pemerintah Kota Pagaralam melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD), memastikan jadwal pelaksanaan ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur umum pada 3 November mendatang.

Termasuk diserentakan pula bagi  115 orang tenaga honorer kategori 2 (K2). Untuk ujian nantinya akan dilakukan dua kali, yakni tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB).

Sementara naskah soal sendiri, kemungkinan akan dikirimkan langsung pihak pusat ke BKD Pagaralam. Naskah soal akan dikawal selama perjalanan dan dijaga di kantor BKD Pagaralam oleh personel polisi.

Menurut Kepala BKD Kota Pagaralam Yapani Rahim SIP  melalui Kabid Formasi Heriandi SE didampingi Kasubag Formasi, Sardiono SE menjelaskan, bahwa pelaksanaan tes mulai dari jadwal hingga soal dan penentu keputusan dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah pusat.”Pemerintah Kota Pagaralam dalam hal ini BKD hanya bersifat sebagai penyelenggara di lapangan,” katanya.

Penentuan jadwal ini, sambung Sardiono, sudah mendapatkan kepastian langsung dari pemerintah pusat. Kemudian BKD Kota Pagaralam melakukan persiapan. Persiapan pertama yang mengenai peserta tes CPNS dari tenaga honorer K2. Dalam sejarahnya, total ada sebanyak 116 orang tenaga honorer K2. Tapi dalam perjalanya ada 1 tenaga honorer yang tidak memenuhi syarat. Artinya masih ada sisa sebanyak 115 orang tenaga honorer yang siap mengikuti ujian CPNS.

“Para peserta siap ikut ujian, tinggal menunggu pelaksanaanya saja,” ujarnya seraya mengatakan secara nasional jumlah tenaga honorer K2 yang akan mengikuti ujian CPNS sebanyak 540 ribu orang dan akan diambil sebanyak 30 persen saja.

Meski begitu, ia menambahkan dengan adanya aturan dan kuota seperti ini, maka bisa dipastikan persaingan tenaga honorer K2 untuk memperebutkan kursi CPNS sangat ketat. Namun, pihaknya tetap optimis jika tenaga honorer asal Pagaralam ada yang lolos.

“Seleksi CPNS jalur tenaga honorer K2 ini  berskala nasional.  Itupun akan diambil sekitar 30 persen saja dari semua peserta termasuk Pagaralam,” sambungnya seraya mengatakan secara rinci ada sekitar 115 orang tenaga honorer K2 asal Pagaralam berasal dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga S1.

Ia menambahkan, untuk tempat pelaksanaan tes sendiri pihaknya mengaku sudah ada gambaran. Untuk melaksanakan ujian CPNS bagi 115 orang, BKD Pagaralam akan menunjuk dua tempat sekolah yang berada di tengah Kota Pagaralam.

“Langkah ini kita lakukan agar dapat lebih mudah dalam pelaksanaan dan koordinasi. Kedua tempat dimaksud diantaranya SDN 3 Pagaralam dan SDN 4 Pagaralam,” ujarnya.

 

Teks : Antoni Stefen

EDITOR : ROMI MARADONA




One thought on “Tes Seleksi CPNS K2 Serentak Dengan Jalur Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *