Peserta Seleksi CPNS Terbanyak di Palembang

cpns

PALEMBANG, KS-Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari jalur honorer katagori dua (K2), di Sumatera Selatan (Sumsel) akan digelar serentak pada 3 November mendatang. Di Sumsel sendiri, seleksi CPNS ini akan diikuti 14.988 peserta.

Kota Palembang menurut Asisten IV Bidang Administrasi dan Umum Pemprov Sumsel, Samuel Chotib, menjadi daerah yang pesertanya terbanyak yakni  Palembang 1.754 peserta. Kemudian diikuti OKI 1658 peserta, , Muba 1527 peserta, Mura 1303 peserta, Banyuasin 1296 peserta, OKU Timur 1155 peserta dan Lahat 1001 peserta.

Lalu di Kabupaten Kabupaten Muara Enim sebanyak 972 peserta,  OKU 936 peserta, OKU Selatan 718 peserta, Ogan Ilir 704 peserta, Empat Lawang 610 peserta, Lubuk Linggau 322 peserta, Prabumulih 233 peserta dan Pagaralam 113 peserta. Sementara untuk lingkungan pemprov, hanya ada 168 peserta yang mengikuti seleksi.

“Soal untuk seleksi, akan dikirim langsung dari Jakarta. Pada 30 Oktober nanti, sudah tiba di Palembang. Pagi atau siangnya, langsung di distribusikan ke kabupaten dan kota. Nanti, pihak kabupaten dan kota yang langsung mengambil soalnya ke provinsi,” kata Samuel yang dibincangi, Kamis (24/10).

Bagaimana dengan pengamanannya ?, saat mengambil soal tersebut ke provinsi sebut Samuel, pihak kabupaten dan kota harus membawa tenaga pengamanan dari Kepolisian Resort (Polres) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) setempat.

“Soal tersebut,  akan disimpan kabupaten dan kota masing-masing sesuai dengan standar operasional (SOP). Soal akan di jaga pihak keamanan, sampai pelaksanaan seleksi dilakukan,” urainya.

Sementara untuk seleksi CPNS dari jalur umum, master soalnya sudah di distribusikan ke kabupaten dan kota yang menyelenggarakan sejak minggu lalu. Untuk pencetakannya, ditentukan oleh lembaga sandi negara (Lansaneg). Namun pencetakan soal tersebut, harus selesai pada 3 November mendatang.

Soal ujian CPNS jalur umum ini, akan dicetak di dua percetakan. Yakni untuk OKU Timur, OKU Selatan dan OKU di cetak di percetakan PPJK Unsri. Sedangkan naskah soal untuk Ogan Ilir, OKI, Lahat, Pagaralam, dan Lubuklinggau di percetakan Balai Pustaka.  “Untuk soal K2 dicetak di percetakan Kudus,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sumsel, Najib Haitami dibincangi terpisah menyebut, berdasarkan surat Kemenag Nomor B.II/2-a/Kp.003/8780/2013, tanggal 04 Oktober 2013,  pelaksanaan seleksi CPNS di lingkungan Kemenag akan dilakukan secara bersamaan antara seleksi dari jalur umum dan jalur honorer baik K1 maupun K2.

“Daftar nama honorer kategori II dan penambahan dan luncuran kategori I, dapat dilihat pada website Kemenag Sumsel yakni  www.sumsel.kemenag.go.id atau dapat dilihat langsung pada kantor Kemenag kabupaten dan kota masing-masing pada 23-25 Oktober,” jelasnya.

Dia mengatakan, peserta seleksi dari tenaga honorer K2 dengan kategori tenaga teknis (pegawai, penyuluh, penghulu) dan guru, diminta melengkapi syarat-syarat seperti foto 4×6 sebayak 2 lembar dengan latar belakang merah, dan foto copy KTP 1 lembar.

“Syarat tersebut dapat dikumpul di Kemenag kabupaten dan kota masing pada 28 Oktober. Syarat-syarat tersebut, dapat di gunakan saat mengambil nomor tes peserta. Pengambilan nomor peserta dilakukan, secara kolektif oleh petugas Kemenag masing-masing,” ujarnya.

Sementara untuk pengambilan nomor tes peserta itu, di Kemenag masing-masing pada tanggal 31-01 November. “Lokasi tes di tiga tempat, yakni di MIN 2 Palembang, MTSN 2 Palembang dan MAN 3 Palembang,” tukasnya.

Teks     : Imam Mahfudz Ali

Editor  : Dicky  Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *