Pencetakan e-KTP Diserahkan ke Daerah

ektp

PALEMBANG, KS-Jika selama ini, pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) masih dilakukan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Kedepannya, pencetakan e-KTP akan diserahkan ke daerah.

Rencana itu menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palembang, Ali Subri, akan dimulai 2014 mendatang. Sehingga distribusi e-KTP yang terlambat saat ini, karena pencetakan e-KTP yang dilakukan di pusat bisa diatasi.

“Mudah-mudahan tidak ada perubahan, jika pencetakan e-KTP ini diserahkan ke daerah maka pencetakannya bisa dipercepat. Dengan begitu, distribusi e-KTP pun bisa dipercepat termasuk penggantian e-KTP yang hilang,” kata Ali Subri dibincangi, Kamis (24/10).

“Memang saat ini, untuk masyarakat yang sudah melakukan perekaman e-KTP sampai sekarang, masih ada yang belum mendapatkan e-KTP. Kendala, karena dicetak di pusat. Ini bukan hanya dialami Palembang saja, melainkan seluruh Indonesia,”sambungnya.

Ali menambahkan, untuk wajib e-KTP di Palembang yang belum mendapatkan e-KTP kisaran 20 ribuan. Di tambah lagi, data yang mengendap. “Ada juga e-KTP yang hilang, setiap hari pasti sekitar 7-10 orang yang melaporkan e-KTP hilang.  Total e-KTP yang hilang mencapai 3317 orang, ini angka yang cukup besar,”ujarnya.

Disinggung soal biaya, ketika pencetakan dilakukan oleh daerah, Ali menyebutkan, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang Nomor 30 tahun 2011, biaya yang akan ditarik untuk pembuatan e-KTP nantinya Rp 40.000.

Sebagai informasi, program e-KTP diluncurkan oleh Kemendagri pertama kali pada Februari 2011.  Pelaksanaanya terbagi dalam dua tahap, tahap pertama dimulai 2011 dan berakhir pada 30 April 2012.

Tahap pertama ini,  mencakup 67 juta penduduk di 2.348 kecamatan dan 197 kabupaten dan kota. Sedangkan tahap kedua mencakup 105 juta penduduk, yang tersebar di 300 kabupaten dan kota lainnya di Indonesia. Secara keseluruhan, pada akhir 2012, ditargetkan setidaknya 172 juta penduduk sudah memiliki e-KTP

Di Palembang sendiri, program e-KTP sudah di mulai sejak pertengahan Maret 2012 lalu. Pemkot disebut, sudah berhasil merekam data terhadap 915.417 wajib e-KTP di metropolis. Palembang pun menjadi kota percontohan untuk penerapan e-KTP.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *