Pemkab Tetap Akan lantik Kades Babat

sumpah

Ilst.

PALI | KS -Setelah diprotes kandidat yang kalah dan sempat didemo, Pemkab PALI memutuskan akan melantik Arka Nurawi Kades terpilih dalam Pilkades Babat Kecamatan Penukal.

Keputusan ini disampaikan, Drs Amirudin Tjikmat MM, Plt Sekda PALI seusai pertemuan tertutup dengan para kandidat, panitia Pilkades dan BPD Babat di kantor camat Talang Ubi, Kamis (24/10).

Menurut Amirudin, pihaknya menilai pelaksanaan Pilkades sudah melalui tahapan sebagaimana diamanatkan dalam perda nomor 12 tahun 2006.

Menyikapi tuntutan keempat kandidat yang kalah, Amirudin mempersilakan untuk menempuh jalur hukum. “Kalau dianggap ada money politics, laporkan pada yang berwajib. Nanti apa keputusan pengadilan akan kita laksanakan,” terangnya.

Demikian juga bila keputusan Pemkab PALI dianggap melanggar aturan, Amirudin mempersilakan untuk mengadu ke pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Pertemuan tertutup itu, selain diikuti panitia, BPD dan para kandidat, tampak juga Kapolsek Talang Ubi, Kapolsek Penukal, Danramil Talang Ubi. Hadir juga Plt. Camat Penukal, Asrohi S.Sos, MH dan anggota Tim Pembinaan dan Pengawasan Pilkades, Drs Darmawi M.Si. Namun Kades terpilih, Arka Nurawi tidak terlihat.

Sementara itu,  keempat kandidat lainnya tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya. Seperti diungkapkan Saicik. “Ini bukan rapat. Kami cuma diberitahu kalau Kades terpilih akan dilantik. Mereka (utusan Pemkab-red) justru mengabaikan bukti-bukti kecurangan yang kami bawa. Kami tetap akan menemui Bupati,” tegasnya.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *