Pedesaan di MUBA Maju Pesat

Bupati Muba H Pahri Azhari meninjau pembangunan jalan Desa Mekar Jaya Kecamatan Keluang.

Bupati Muba H Pahri Azhari meninjau pembangunan jalan Desa Mekar Jaya Kecamatan Keluang.

Program Alokasi Dana Desa ‘1 Milyar 1 Desa’ Mendorong Pedesaan Maju pesat khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin. Melalui program ini, masyarakat dan perangkat desa terlibat secara langsung dalam proses pembangunan.

Kemajuan pembangunan di pedesaan diakui oleh sejumlah tokoh masyarakat, saat Bupati Muba H Pahri Azhari beserta rombongan melakukan monitoring realisasi program ini. Monitoring dilakukan di sejumlah desa di Kecamatan Keluang, Bayung Lencir, Tungkal Jaya, dan Sungai Lilin.

Tokoh Masyarakat Desa Sidorejo Kecamatan Keluang, Mbah Suripto mengaku,

Program 1 Milyar 1 Desa telah sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Menurutnya, dengan diluncurkannya dana ADD tersebut, masyarakat Desa Sidorejo dapat lebih ‘dingin’ menikmati pembangunan yang dilakukan. “Bila tahun ini bisa selesai jalan 2 km, harapannya tahun depan bisa selesai seluruhnya. Kami siap mendukung program pemerintah Musi Banyuasin yang bisa memajukan desa ini.”ujarnya.

Senada diutarakan Kades Sidorejo Pujiono. Menurutnya, melalui Program 1 Milyar 1 Desa yang diluncurkan Pemkab Muba, masyarakat dapat bermusyawarah menentukan program pembangunan apa saja yang dibutuhkan. “Masyarakat akan merasa semakin memiliki terhadap seluruh sarana prasarana yang dibangun di desa mereka, karena mereka sendiri yang membangunnya,”imbuhnya.

Bupati Musi Banyuasin H Pahri Azhari pada monitoring Program ADD 1 Milyar 1 Desa menegaskan, tidak boleh ada desa tertinggal di kabupaten yang ia pimpin. Sebab dengan mulai digelontorkannya Program Alokasi Dana Desa

‘1 Milyar 1 Desa’ untuk seluruh desa di kabupaten ini, seluruh desa dapat serentak melakukan pembangunan.

Kabupaten Musi Banyuasin merupakan yang pertama merealisasikan Program Alokasi Dana Desa ‘1 Milyar 1 Desa’, khususnya di Sumatera Selatan. Program ini merupakan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, sesuai dengan visi Permata Muba 2017.

“Pemkab Muba memiliki visi Permata Muba 2017 yaitu Penguatan Ekonomi Kerakyatan Religius Mandiri Adil Terdepan Maju Bersama. Visi ini harus menjadi tekad yang harus diwujudkan demi terwujudnya kemajuan bersama,”katanya.

Kabag Humas Setda Muba Dicky Meiriando SSTP MH mengatakan, Program 1 Milyar 1 Desa telah membawa perubahan dan kemajuan di desa-desa yang melaksanakannya. Selain untuk pembangunan fisik, Program 1

Milyar 1 Desa juga ditujukan untuk pengembangan ekonomi produktif di masyarakat.

Selain meninjau pelaksanaan Program 1 Milyar 1 Desa di Desa Sidorejo, Bupati beserta rombongan juga meninjau Desa Karya

MajuKecamatan Keluang, Desa Sindang Marga dan Desa Kali Berau Kecamatan Bayung Lencir, Desa Bandar Jaya dan Desa Sumber Sari Kecamatan Tungkal Jaya, serta Desa Mulyo Rejo Kecamatan Sungai Lilin. (ADV)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *