2014, Klinik Akbid Bersalin Gratis Diluncurkan

Ilst. Bidan

Ilst. Bidan

MUARA ENIM I KS-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim melalui Akademi Kebidanan (Akbid) Pemkab Muaraenim menargetkan awal  2014 akan segera mengoperasikan klinik bersalin bagi ibu hamil. Klinik ini, nantinya akan memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat kurang mampu

“Klinik ini kita dirikan untuk melayani warga kurang miskin. Namun, jika warga dari golongan menengah keatas yang ingin juga berobat akan kita tampung,” tutur Direktur Akbid Muaraenim, Rita Camelia, disela-sela aktifitasnya, kemarin (24/10).

Dalam Klinik Akbid Muaraenim Khusus Bersalin, kata Rita, nanti tersedia 14 tempat tidur yang akan diisi oleh bidan profesional berkerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) serta mahasiswa dari Akbid Pemkab Muaraenim dan tenaga dokter. Sistem pelayanan yang diberikan akan secara menyeluruh mulai fase antar natal care (ANC) yakni perawatan ibu hamil atau sebelum melahirkan hingga fase pastur (melahirkan).Selain itu juga diberikan konsultasi gratis.

“Dalam klinik ini akan diberikan senam hamil,senam nifas, masage dan spa untuk ibu nifas.Kemudian spa vagina dan spa bayi.Namun semua itu berlaku pada pasien yang melahirkan secara normal,dliuar itu pasien segera dirujuk ke rumah sakit yang bisa menangani,”papar dia.

Disebutkannya, bahwa dilibatkannya para anak didik dari Akbid Pemkab Muaraenim dalam klinik ini agar mereka langsung mengimplementasikan ilmunya didampingi bidan profesional. “Selain itu akan dapat mendidik mahasiswa sesuai dengan moto kampus yakni menjadi manager di klinik sendiri,” ucapnya dengan bangga.

Namun diakuinya, saat ini pihaknya masih mencari formulasi yang baik untuk operasional klinik ini. Saat ini, pihaknya masih menunggu petunjuk Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sai Sohar, terkait akses masuk menggunakan jasa klinik apakah pasien menggunakan Jamkesmas, Askes, Inhealth, Ikatan Wali Mahasiswa (Iwama) atau lainnya.  “Diharapkan keberadaan klinik Akbid milik Pemkab ini nantinya menjadi tempat terbaik bagi ibu – ibu hamil di Kabupaten Muaraenim,” harap Rita.

TEKS : SISWANTO

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *