20 Oktober, Timsel Tentukan 20 Besar

kpuPAGARALAM, KS-Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, Tim Seleksi (Timsel) calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam akan menetapkan 20 besar dari 38 peserta seleksi melalui rapat pleno.

“Sebanyak 38 peserta calon komisioner KPU Kota Pagaralam, akan mengerucut menjadi 20 besar,” kata Ketua Timsel calon komisioner KPU Kota Pagaralam, Mastullah ketika dibincangi, Kamis (24/10).

Menurut dia, sesuai tahapan yang telah ditentukan, dari sebanyak 38 peserta yang lulus seleksi administrasi, dilanjutkan mengikuti tes tertulis, tes kesehatan, kemudian psikotes. Kemudian pada tanggal 26-28 Oktober 2013, akan ditentukan pengumuman 20 besar.

“Sebelum ditetapkan 20 besar, pada 24-25 Oktober 2013, Timsel akan menggelar rapat pleno penetapan hasil tes tertulis, tes kesehatan dan tes psikologi,” jelas Mastullah.

Meski begitu kata dia, hasil ini akan diumumkan kepada publik dan masing-masing calon akan dipanggil. Tim seleksi, akan meloloskan sebanyak  20 orang. Selanjutnya, nama calon tersebut akan melalui tahap klarifikasi atau uji publik, sesuai dengan manajemen kepemiluan serta sistem perpolitikan daerah.

“Materi uji kelayakan sendiri  meliputi ilmu tentang kepemiluan, administrasi atau manajemen penyelenggara pemilu, sistem politik, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan politik, intelegensi, sikap kerja, kepribadian, intgeritas, independensi, kompetensi, kepemimpinan dan klarifikasi tanggapan masyarakat,” bebernya.

Tahapan uji publik ini dilakukan, untuk mendapatkan tanggapan masyarakat. Hal itu dapat berupa penyampaian secara tertulis, dengan melampirkan alamat lengkap dan identitas pengirim. Selain itu, langkah ini sebagai masukan ke Timsel terhadap para calon komisioner KPU Kota Pagaralam dalam menentukan layak, atau tidak menjadi komisioner KPU Pagaralam.

“Setelah 20 besar di umumkan pada tanggal 26 Oktober nanti, selanjutnya masuk tahapan wawancara,” ujarnya seraya mengatakan ke lima anggota timsel akan melakukan wawancara untuk kemudian diambil 10 besar.

Ditambahkan Mastullah, sebanyak 10 besar peserta tersebut, namanya akan dikirim ke KPU Sumsel kemudian di umumkan oleh KPU Sumsel menjadi 5 besar. “Sebanyak 10 orang tersebut, akan mengerucut menjadi 5 besar dan ditentukan oleh KPU Sumsel,” jelasnya.

Teks     : Antoni Stefen

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *