Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Rekrut Relawan Demokrasi

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

PAGARALAM, KS–Berdasarkan pengalaman pada pilkada lalu, tingkat partisipasi pemilih dinilai belum begitu optimal. Untuk itu, dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam segera membentuk relawan demokrasi.

“Paling lambat akhir bulan Oktober nanti, kami sudah membentuk kelompok atau relawan demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih baik dalam pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden tahun 2014 mendatang,” kata Ketua KPU  Pagaralam, Ubaidillah Zuhri SSos didampingi Komisioner Divisi Sosialisasi, Emi Deshartika, Rabu (23/10).

Dikatakan Emi, program relawan demokrasi merupakan program yang digagas oleh KPU melalui gerakan sosial yang melibatkan peran serta masyarakat sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi terdiri dari lima segmen pemilih strategis, diantaranya pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, kelompok penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran.

“Segmentasi lima pemilih tersebut dilakukan karena tidak semua komunitas mampu dijangkau oleh program KPU. Selain itu, segmentasi lima pemilih tersebut adalah strategis baik dari sisi kuantitas maupun pengaruhnya dalam dinamika sosial politik berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Perekrutan anggota relawan demokrasi itu sendiri, kata dia, dilakukan langsung oleh KPU Pagaralam. Sedangkan untuk persyaratan menjadi anggota relawan demokrasi di antaranya, berumur antara 17 – 25  tahun. Selanjutnya bukan pengurus partai politik dan terdaftar sebagai pemilih serta memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

“Anggota relawan demokrasi bertugas melakukan sosialisasi pentingnya pemilu bagi masyarakat. Mereka akan disebar di setiap segmen pemilih untuk menjadi penyuluh demokrasi di setiap komunitasnya,” ungkapnya.

Ia menambahakan, sebelum bertugas melakukan sosialisasi, para angota relawan demokrasi yang direkrut akan diberikan bimbingan teknis tentang tata cara melakukan sosialisasi yang baik dan benar. Diharapkan, program relawan demokrasi ini mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Rekrutmen ini dilakukan terutama generasi muda, karena lebih energik dan dapat bergerak cepat serta dinamis,” kata Emi.

Ia mengatakan, fungsi relawan demokrasi ini nantinya dapat menggerakkan masyarakat di tempat mereka berada agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana dan penuh tanggungjawab. Sehingga tingkat partisipasi pemilih maupun kualitas pemilu 2014 mendatang dapat lebih baik dibanding pemilu-pemilu sebelumnya.

“Kita berharap, adanya sosialisasi melalui program relawan demokrasi itu, dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2014, khusunya di Kota Pagaralam,” katanya.

Teks: Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *