Pelantikan Gubernur-Wagub Bakal Ketat

alex-ishakl

PALEMBANG, KS-Pelantikan Alex Noerdin-Ishak Mekki sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel periode 2013-2018 di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), 7 November mendatang, dipastikan akan berlangsung ketat.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang, Kompol Suyanto menyebut, ada 1.250 anggota personil yang diterjunkan untuk pengamanan pelantikan orang nomor satu dan dua di Sumsel itu nantinya.

“1.250 personil ini, gabungan dari berbagai kesatuan. Diantaranya dari Brimob Polda Sumsel dan dari Polresta Palembang,” kata Suyanto yang dibincangi usai rapat panitia pelantikan Gubernur dan Wagub Sumsel di ruang rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (23/10).

Nantinya jelas Suyanto, pola pengamanan akan dibagi dalam tiga ring. Ring pertama di dalam gedung PSCC, ring kedua di areal parkir PSCC dan ring ketiga di kawasan jalan protokol.

Selain itu, pengamanan juga akan dilakukan di pemprov, dan Griya Agung. “Saat pelantikan, anggota kita mulai bersiaga pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Tidak ada penutupan atau pengalihan arus lalu lintas , seperti di Jalan POM IX. Itu cukup kita atur saja,” bebernya.

Sementara PSCC sendiri, akan di sterilkan. Sejam malam hingga pagi, gedung tersebut akan di jaga. Apalah ribuan personil yang diterjunkan itu, tidak terlalu berlebihan ?, Suyanto, membantahnya. Menurutnya, itu sudah standar dan sesuai protab. “Ini juga sebagai bentuk antisipasi, jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan maka kita sudah siap,” ucapnya.

Dihibur Joy Tobing & Victor Hutabarat

Sementara itu Ketua Panitia Pelantikan Gubernur dan Wagub Sumsel periode 2013-2018, Nasrun Umar mengatakan, saat pelantikan nanti panitia akan menyiapkan hiburan. Panitia akan mendatangkan dua penyanyi papan atas Indonesia, Joy Tobing dan Victor Hutabarat. Namun kepastiannya menurut dia, masih menunggu finalisasi arahan dari gubernur.

“Pelantikan gubernur dan wagub sendiri, sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 35 Tahun 2013 tentang Tata Cara Proses Pelantikan Kepala Daerah,” ujarnya.

Aturan itulah sebutnya, yang patokan panitia dalam mempersiapkan pelantikan Gubernur dan Wagub Sumsel. Namun apakah bisa dilakuan penambahan kegiatan di luar aturan itu, saat ini masih di diskusikan. Panitia bebernya, dua atau tiga hari kedepan akan berkoordinasi ke Kemendagri.

Disinggung, siapa saja yang bakal hadir pada pelantikan tersebut ?, Nasrun menyebut, panitia akan menyebar 6000 undangan. “Yang pasti, para menteri, gubernur se Sumatera, anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Sumsel, bupati dan wali kota di Sumsel, tokoh masyarakat dan juga kolega gubernur dan wakil gubernur terpilih akan kita undang,” bebernya.

Menanggapi, ada anggapan orang kalau anggaran sebesar Rp850 juta  untuk pelantikan tersebut tergolong besar. Menurutnya,  anggaran tersebut relatif. Bahkan kata Nasrun, ada daerah lain yang anggarannya lebih besar.

Teks     : Imam Mahfudz Ali
Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *