Lestarikan Tari Khas Daerah

Ilst, Tari Tanggai . Tarian Khas Sumatera Selatan

Ilst, Tari Tanggai . Tarian Khas Sumatera Selatan

PALEMBANG | KS-Sebagai upaya melestarikan kekayaan budaya daerah, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, menggelar lomba tari kreasi khas Sumatera Selatan.

Kasi Kesetaraan Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) yang juga Ketua perlombaan Dra. Erlina, M.M mengatakan, perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas pelajar di Sumatera Selatan menuju Sumsel Gemilang.

“Acara ini kami selenggarakan sebagai partisipasi kami mengembangun diri para pelajar dalam menyalurkan bakat dan kreatifitas mereka,” ujarnya saat diwawancari Harian Kabar Sumatera, Rabu (23/10).

Dia menambahkan, bahwa kabupaten yang ada di Sumsel memiliki banyak ragam seni tari, mulai dari tari tradisional maupun tarian modern yang melambangkan budaya di masing-masing daerah karena sumsel memiliki potensi yang patut dikembangkan.

“Untuk itulah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Kasi Keseteraan Bidang PNFI selalu berusaha menjaga dan mengembangkan tari khas Sumsel agar seni tari ini tidak hilang terkikis zaman,” ungkapnya.

Tambahnya, selain itu juri pada perlombaan tersebut salah satunya artis ibukota sekaligus antropolog tari dan dosen UI, Nungki Kusumastuti. Selain itu juga master seni dan pelatih tari, Elly Rudi dan Sartono juga ikut ambil dalam penilaian.

Nunki Kusumastuti Salah satu juri pada perlomban tersebut mengatakan, pihaknya memang benar-benar selektif untuk menentukan juara, karena pada perlombaan tersebut semua peserta dalam kategori bagus semua.

“Kami akan benar-benar menentukan sang juara karena semua menampilkan tarian tersebut dengan mendalam karekter sesuai dengan daerah masing-masing,” katanya

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *