Kesehatan Jadi Penentu Komisioner

ILst.

ILst.

PALEMBANG, KS-Meskipun Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang hingga saat ini, masih menunggu hasil tes kesehatan dan psikotes untuk 144 calon komisioner KPU. Namun timsel memastikan, hasil tes kesehatan akan menjadi penentu dalam seleksi tersebut.

Hal ini disampaikan Sekretaris Timsel KPU Kota Palembang, M Akbar ketika dibincangi, Rabu (23/10). Ia menyebut, hasil tes tertulis para calon komisioner yang dilakukan beberapa waktu lalu, sudah ada ditangan timsel.

Walau pun begitu, mereka sebutnya belum bisa menentukan hasil seleksi. Sebab penilaian dari seleksi calon komisioner KPU Kota Palembanbg berdasarkan hasil akumulasi dari semua tes yang di ikuti oleh semua calon.  “Tetapi, hasil tes kesehatan akan lebih dominan menjadi penilaian dibandingkan hasil tes tertulis dan psikotes,” kata Akbar.

Dalam tes kesehatan jelasnya, poin penilaian meliputi kesehatan jasmani dan rohani. Jika rekomendasi dokter, calon komisioner tidak layak dalam hal ini tidak sehat maka akan kita di coret.

Hal ini menurut Akbar, sesuai aturan saat dilakukan pembekalan sebelumnya. Karena tugas sebagai seorang komisioner KPU itu, dinilai tidak mudah melainkan berat, banyak tekanan dan harus sehat baik jasmani maupun rohani.  “Misalnya, kalau komisioner KPU memiliki sakit jantung saat bertugas, atau mudah terserang penyakit akan jadi masalah,”bebernya.

Setelah mengetahui hasil kesehatan calon komisioner, dan memilahnya yang dinyatakan sehat, Timsel KPU Palembang kemudian menggabungkan hasil psikotes dan kesehatannya juga untuk dirangking.

Diungkapkan Akbar nanti dalam hasil psikotesnya rekomendasi dari penguji, ada disarankan, dipertimbangkan dan tidak disaran. Namun Jika hasil psikotesnya tidak disarankan akan dibuang juga, karena akan jadi masalah juga dengan pekerjaan.  “Psikotes ini cenderung, ingin melihat ketahanan mental calon. Bagaimana mereka bisa bekerja dibawah tekanan dan mengambil keputusan yang tepat,”jelasnya.

Diterangkan Akbar, dalam tes tertulis, kesehatan dan psikotes tersebut diikuti sebanyak 144 calon anggota KPU Palembang dari 149 peserta yang dinyatakan lolos administrasi. Namun timsel baru akan mengumumkan siapa calon komisioner yang lolos 20 besar sekitar tanggal 26 Oktober mendatang, dan rencananya timsel akan melakukan pleno untuk menentukannya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi  




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *