Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Ilst. Cuci tangan

Ilst. Cuci tangan

PALEMBANG KS-Dengan adanya Hari Cuci Tangan pakai Sabun sedunia, yang diperingati setiap 23 Oktober, Pemerintah Kota Palembang, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang menghimbau untuk cuci tangan pakai sabun agar terhindar dari bakteri dan penyakit.

Kepala Dinkes Palembang, dr Anton Suwindro mengatakan, kekuatan ada di tanganmu, jadi semua prilaku hidup bersih dan sehat, di awali dengan kebersihan.

“Termasuk diantaranya adalah kebersihan tangan, dampak negatif yang disebabkan oleh tangan banyak sekali, misalnya makan, dengan tangan kotor, tanpa dicuci terlebih dahulu, rentan terhadap bibit-bibi penyakit masuk kedalam tubuh,”jelas Anton, Rabu (23/10).

Sambung Anton, banyak penyakit yang disebabkan jika tubuh sudah dimasuki bakteri dan kuman, seperti, tipes, disentri, diare, mules, dan lain sebagainya.

“Selain itu, jika tangan dalam keadaan kotor, dan kita memegang organ tubuh, bisa juga terjadi inpeksi, misalnya memegang hidung dengan tangan kotor, bisa menyebabkan flu, dan banyak lagi yang lainnya,”ulasnya

Disinggung soal tingkat kesadaran masyarakat, terhadap cuci tangan pakai sabun, Anton menyebutkan, pihaknya telah membina hal tersebut di puskesmas-puskemas, dan sekolah.

“Seperti sosialisasi yang kami lakukan di Puskesmas Pakjo, setiap ruangan di berikan tempat cuci tangan, alhamdulillah respon masyarakat cukup baik, terhadap himbauan yang kami berikan tersebut,”bebernya

Selain itu, Anton mengharapkan, sekolah-sekolah juga harus menyediakan kantin sehat. Dengan menyediakan tempat cuci tangan di Kantin.

“Sekolah di Palembang, yang menerapkan hal ini sudah banyak, jadi kita terus lakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, untuk membantu mensosialisasikannya,”tukasnya

Sementara itu di hari yang sama MTS Negeri 2 Model Palembang memperingati hari cuci tangan sedunia. Kepala sekolah MTSN 2 Model Palembang, H. Kiagus Faisal S, Ag M.Pd.I mengatakan, dengan adanya peringatan ini diharapkan siswa bisa membudayakan pola hidup sehat dengan membiasakan untuk mencuci tangan.

TEKS : ALAM/AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *