Bupati Muaraenim Lantik Tiga Kades

Bupati Muaraenim Ir. H. Muzakir Sai Sohar sedang menyematkan lencana kepada tiga orang kades yang dilantik.

Bupati Muaraenim Ir. H. Muzakir Sai Sohar sedang menyematkan lencana kepada tiga orang kades yang dilantik.

MUARAENIM I KS-Sebanyak tiga orang Kepala Desa (Kades) terpilih yakni Sumardi dari Desa Kepur, Duel Sambiyono dari Desa Muara Harapan, Kecamatan Kota Muaraenim dan Junadi dari Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, dilantik oleh Bupati Muaraenim Ir. H. Muzakir Sai Sohar.

Pelantikan yang bertempat di Desa Kepur, kemarin (23/10), juga disaksikan oleh pejabat dari berbagai dinas instansi di Kabupaten Muaraenim.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati yang telah melantik secara resmi tiga orang kades di Desa kami. Dari kegiatan ini, kami dapat bertatap muka dan menyampaikan harapan serta keinginan masyarakat secara langsung kepada pak Bupati. Semoga Kades yang terpilih dapat merangkul semua elemen masyarakat di desanya masing-masing,” tutur Arpan. B salah seorang tokoh masyarakat di Desa Kepur.

Sekarang ini, kata Arpan, Desa Kepur butuh berbagai perbaikan diantaranya jalan desa menuju ke pemakaman umum yang berada tepat dipinggir sungai lematang terancam amblas. Jalan tersebut merupakan salah satu akses jalan utama bagi masyarakat, sehingga masyarakat sangat berharap segera dipasang bronjong agar tidak longsor.

Selain itu, lanjut dia, warga Desa Kepur juga membutuhkan rehab kantor kades yang bisa ditempati oleh kades yang baru nanti. Warga Desa Kepur juga membutuhkan perluasan tempat bidan desa praktek, karena tempat yang selama ini digunakan sangat tidak layak. Dan terakhir, warga meminta untuk perbaikan jembatan desa yang sudah mulai terlihat kropos.

“Kami mengusulkan kepada pak Bupati untuk membantu pemasangan bronjong dengan panjang 200 meter dan kedalaman sekitar 20 meter. Kami berharap keinginan warga ini dapat direalisasikan oleh pak Bupati, sehingga pembangunan di Desa Kepur dapat berjalan sesuai keinginan masyarakat,” harap Arpan.

Ketua DPRD Kabupaten Muaraenim, Thamrin, dalam sambutannya meminta kepada tiga orang kades terpilih untuk dapat bekerjasama dengan masyarakat dan lembaga lainnya di desa masing-masing dalam membangun desa. Tanpa adanya dukungan dan partisipasi masyarakat, Kades tidak akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai keinginan masyarakat.

“Masyarakat boleh bersikap kritis kepada Pemerintah Desa atau Kadesnya. Namun, harus bisa memberikan solusinya juga. Pembangunan tidak akan berjalan sesuai keinginan, jika Pemerintah Desa dan masyarakatnya tidak ada kebersamaan dan keselarasan dalam membanguna desa,” ucap Thamrin.

Sementara itu, Bupati Muaraenim, Ir. H. Muzakir Sai Sohar mengucapkan selamat kepada tiga orang kades yang baru dilantik. Semoga dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah, sehingga semua aspirasi dan keinginan masyarakat dapat disalurkan dengan baik.

“Untuk harapan dari masyarakat Desa Kepur agar direhab kantor kades, Pemkab Muaraenim akan menganggarkan dana sebesar Rp400 juta, dimana pada Juli sampai Agustus 2014 akan dilakukan pengerjaan perbaikan. Demikian juga dengan pembangunan Poskesdes akan diprogramkan oleh pihaknya dan juga pembangunan atau perbaikan lainnya,” ucap Muzakir.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *