BKD PALI Data Ulang PNS

Plt. Kepala BKD PALI - Drs Yuhairudin MZ

Plt. Kepala BKD PALI – Drs Yuhairudin MZ

PALI | KS-Dalam dua minggu terakhir, kantor Badan Kepegawaian daerah (BKD) selalu dijejali para Kepala Sekolah (Kepsek) yang membawa tumpukan map plastik aneka warna. Meskipun dirasakan berat, namun para Kepsek) itu terpaksa harus tetap membawanya. Ada yang langsung meninggalkan berkas itu di kantor BKD, adapula yang harus membawanya pulang kembali. “Masih ada yang kurang” ujar salah satu Kepala SD asal Talang Ubi.

Saat Kabar Sumatera (KS) menyambangi Drs Yuhairudin MZ, Plt Kepala BKD di ruang kerjanya, Rabu (23/10), menyatakan banyaknya Pegawai Negeri Si[il (PNS) yang mendatangi kantor BKD itu ternyata sedang melengkapi berkas kepegawaiannya. “Kita sedang mengumpulkan copy SK pengangkatan, ijazah dan surat nikah seluruh PNS di Kabupaten PALI,” terang Yuhairudin.

Pengumpulan berkas ini terkait dengan rencana penerapan Sistem Aplikasi Pengelolaan Kepegawaian (SAPK) di kantor BKD Kabupten  PALI. Nantinya seluruh data PNS di Kabupaten PALI akan di input ke dalam komputer yang terintegrasi dengan sistem di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Mengapa harus mengumpulkan ulang? Menurut Yuhok, panggilan akrab Yuhairudin, data yang di Muara Enim tidak mungkin dibawa ke PALI. Karena itu pihaknya memerintahkan seluruh pegawai melengkapi berkas untuk diarsipkan di Pemkab PALI.

Yuhok mengatkan, berdasarkan data itulah SAPK dilaksanakan. Bahkan untuk melaksanakan sistem ini, BKD akan mendatangkan tenaga khusus dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palembang. “Tanggal 25 nanti tenaga ahli dari BKN akan memberikan pelatihan kepada pegawai kita disini. Termasuk bagaimana cara input data. Karena semuanya terkomputerisasi” kata dia.

Dengan penerapan SAPK ini, lanjut Yuhairudin, nanti di masa mendatang semua pengurusan administrasi kepegawaian sudah bisa dilayani di BKD PALI.

Saat ini, dari 1142 PNS di Kabupaten PALI baru terkumpul 75%  yang mengumpulkan data. Untuk itu Yuhairudin berharap semua PNS yang ada dapat melengkapi datanya dengan segera. Sehingga memudahkan proses Pengurusan administrasi pegawai yang bersangkutan seperti kenaikan pangkat.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *