Anggaran Pindahkan Tiang Listrik Rp 680 juta

pln

BANYUASIN|KS-Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), Banyuasin pada tahun 2013 ini telah menganggarkan dana Rp 680 juta, untuk pemindahan tiang listrik di sepanjang Jalan Lintas Timur (Jalintim),  Kayuara Kuning-Seterio, yang terkena imbas pelebaran jalan sepanjang 8,8 Km.

“Anggaran tersebut telah diplot dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Banyuasin tahun 2013 sebesar Rp 680 juta lebih,” ucap Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten  Banyuasin, Ir Syahril A Rachman diruang kerjannya, Rabu (23/10).

Ia menambahkan, untuk pemindahan tiang-tiang listrik itu, pihaknya telah menganggarkan dalam APBD Banyuasin 2013. Sayangnya, action untuk pemindahan ini belum bisa direalisasikan pada tahun ini mengingat masih adanya kendala di lapangan. Pasalnya masih ada dua persil lagi yang belum menemui kata sepakat terkait ganti rugi.

“Ya, belum bisa kita pindahkan tahun ini, karena kan masih ada sedikit masalah. Apalagi, untuk pemindahan tiang-tiang listrik ini kan sifatnya konstruksi, makanya harus clear terlebih dahulu, baru kita bisa jalan sekaligus,” bebernya.

Sambungnya, teknis pemindahan tiang dan jaringan listrik PLN ini, tetap akan diawasi oleh Distamben Banyuasin, sementara pelaksana di lapangan tetap pada PLN.  Sejauh ini, pihak PLN menjamin terkait suplai listrik selama pemindahan tiang-tiang tersebut.

Menurutnya, hal ini sudah disampaikan pada PLN, apalagi suplai listrik saat ini saja tidak stabil. Maka dari itu pihaknya, meminta jaminan maksimal kepala perusahaan negara tersebut, dalam pemenuhan suplai, khususnya untuk di kawasan komplek perkantoran.

“Untuk suplai listrik memang sempat kita ragukan, saat ini saja listrik sering byar pet, apalagi saat akan dilakukan pemindahan. Dan PLN menjamin akan hal itu. Ya, mudah-mudahan bisa direalisasikan pada tahun 2014 mendatang, sama dengan proses pelebaran jalan. Ya mudah-mudahan juga proyek untuk menata wajah Ibukota Pangkalan Balai ini bisa segera terwujud,” harapnya.

Sebelumnya, Asisten II Setda Banyuasin, Ir Rislani A Gafar Dipl HE mengatakan untuk pemindahan tiang-tiang PLN ini dianggarkan dalam anggaran Distamben yang telah masuk dalam APBD Banyuasin tahun 2013. Untuk jumlah tiang ini sendiri, akan dilakukan oleh Distamben dan PLN.

“Untuk pengawasan tetap pada Distamben, sedangkan untuk pemindahannya dilakukan PLN. Insyaallah akan segera diselesaikan, kita targetkan 2014 sudah bisa dimulai,” tukasnya.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *