UMP Buka Program Baru Untuk Strata I

sarjanaPALEMBANG | KS-Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) berencana membuka program baru untuk Strata I pada tahun ajaran 2014 dan telah mendapatkan izin dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Rektor UMP, H M Idris SE M Si, mengatakan, pada tahun ajaran baru nanti akan ada program Studi Teknik Industri untuk Starata I (SI). Jadi Fakultas teknik sekarang menjadi lima program studi setelah bertambahnya program baru tersebut. Program studi yang ada di Fakultas Teknik sekarang ini ada lima termasuk yang baru nantinya antara lain, Teknik Sipil, Kimia, Elektro, Arsitek serta Teknik Industri.

“Untuk tenaga pengajar kita memiliki dosen tetap 14 orang untuk mengajar pada program baru tersebut dan juga ada beberapa dosen dari luar yang kita ambil,” ujarnya saat menggelar pertemuan dengan media di Aula UMP, Selasa (22/10).

Idris menambahkan, Program Teknik Idustri ini sama seperti program yang lain, memiliki 144 (SKS) dengan lama kuliahnya delapan semester.

Wakil Rektor I Drs H. Erwin Bakti SE, MSi mengatakan, dibukanya Program Studi baru ini terutama Program Studi Teknik Industri, karena sebelumnya telah di survei keinginan masyarakat banyak memeelukan lulusan bidang industri.

“Untuk pertama kita akan menerima mahasiswa sekitar 40 sampai 50 tapi bisa memungkinkan 80 orang untuk setiap dua kelasnya karena masih tahap pembangunan,” ungkapnya.

Sedangkan Dekan Fakultas Teknik, Ir Zainnul Bahri MT mengatakan, persiapan ruang kelas serta labnya itu sudah siap di lantai tiga Fakultas Teknik. Untuk ruang kelasnya sendiri berjumlah tujuh ruangan yang akan digunakan nantinya.

“Kita sudah mempersiapkan dosen yang sangat ahli di bidang Idustri dan ada beberapa dari luar kita datangkan,” ujarnya.

Bahri menjelaskan untuk sementara karena belum menerima mahasiswa. Namun apabila sudah memenuhi syarat akreditasi standar C, kita segera akan mengajukan akreditasi ulang setelah adanya mahasiswa baru dalam prodi tersebut.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *