Pencari Kerja Diklaim Menurun

Ilst. Job Hunter

Ilst. Job Hunter

PALEMBANG, KS-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang mencatat, jumlah pencari kerja (pencaker) selama tiga tahun terakhir di Palembang mengalami penurunan. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja, Disnaker Kota Palembang, Darminto, kemarin.

Ia menyebut, dari data yang ada jumlah pencari kerja pada Januari-Februari 2013 mencapai 802 pencari kerja. Rinciannya, 440 laki-laki dan 362 perempuan.  Angka ini, menurun jika dibandingkan pada periode yang sama di 2012.

“Di 2012 pada periode Januari-Februari, pencari kerja di Kota Palembang sebanyak  1.318 orang. Rinciannya, 860 laki-laki dan 458 perempuan. Sepanjang 2012, ada 13.307 pencari kerja ,” jelas Darminto.

Data ini terangnya, dihimpun oleh Disnaker melalui jumlah pencari kerja yang membuat surat keterangan kerja (AK1) atau yang kerap disebut kartu kuning.  Namun sambungnya, jumlah pencari kerja ini besar kemungkinan bertambah.

Di September lalu,  saat penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan sejumlah perusahaan, jumlah pencari kerja yang membuat kartu kuning membludak. “Bahkan saat itu, kita harus melemburkan pegawai untuk mempercepat pembuatan kartu pencari kerja tersebut. Peningkatannya, mencapai dua kali lipat. Dalam satu hari, ada sekitar 200 orang yang membuat kartu AK1 ini,” ucapnya.

Ia menjelaskan, menurunnya jumlah pencari kerja di Kota Palembang disebabkan beberapa faktor, diantaranya banyaknya bursa kerja (job fair) yang digelar di metropolis. Di 2013 sedikitnya, sudah ada tiga kali pegelaran bursa kerja.  Selain itu, juga disebabkan tumbuh pelaku usaha. Kemudian, lulusan SMA yang banyak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sebagai informasi, sebelumnya Disnaker Kota Palembang mencatat jumlah pencari kerja setiap tahunnya terus bertambah. Di 2012,  jumlah pencari kerja mencapai 13.307  orang. Sementara di 2011, pencari kerja di kota empek-empek ini mencapai 9.183 orang.

Rinciannya laki-laki sebanyak 5.689 orang, sedangkan pencaker perempuan berjumlah 3494 orang.  Sementara berdasarkan pendidikan, terbanyak berasal dari tamatan pendidikan SMA dengan rincian 3.809 laki-laki dan 2.393 perempuan.  Selanjutnya untuk urutan kedua terbesar, yakni dari sarjana dan pasca sarjana.

Dari 12.900 orang pencaker itu, tidak semuanya terserap di Palembang. Batam tetap menjadi daerah tujuan kerja favorit, bagi pencaker di Palembang. Artinya, jumlah pencari kerja antara 2011 dengan 2012, mengalami peningkatan sebanyak 3.717 orang.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *