KPU Pagaralam Tetapkan 24 Zona Kampanye

kpu

PAGARALAM, KS—Upaya melakukan pendataan lokasi sosialisasi dan pemasangan alat peraga pemilihan umum (Pemilu) calon legislatif (Caleg), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam tetapkan 24 zona kampanye untuk pemilu 2014 mendatang.

“Kami melakukan pendataan terhadap sejumlah lokasi yang bakal dijadikan para caleg untuk sosialisasi menghadapi pemilu 2014 mendatang,” kata Ketua KPU Pagaralam, Ubaidillah Zuhri SSos melalui Divisi Sosialisasi, Emi Deshartika SPd, Selasa (22/10).

Menurut dia, lokasi yang akan dipergunakan menjadi zona sosialisasi dan pemasangan alat peraga itu berdasarkan keputusan Walikota Pagaralam. Sementara  Pagaralam itu sendiri, bila dipakai sistem daerah pemilihan (Dapil), hanya ada 3 Dapil, yakni dapil I Pagaralam Utara, dapil II Kecamatan Pagaralam Selatan, dan dapil III meliputi tiga Kecamatan diantaranya, Dempo Utara, Dempo Tengah dan Dempo Selatan.

“Pembagian zona ini ditetapkan per kecamatan dalam satu dapil. Sedangkan Dapil III terdapat lebih dari satu kecamatan,” tambahnya.

Lanjut Emi, untuk zona kampanye itu, diantaranya Dapil I Pagaralam Utara dibagi dalam 9 zona, Dapil II Pagaralam Selatan 9 zona. Sedangkan dapil III yang meliputi tiga kecamatan Dempo, ada 6 zona dengan dibagi 2 zona di setiap kecamatan.

Sosialisasi para caleg sendiri, kata dia, sesuai dengan peraturan terbaru KPU yakni  tidak bisa sembarangan melakukan sosialisasi dan pemasangan atribut dan alat peraga. Pemasangan baliho misalnya hanya boleh membawa nama partai dan gambar para pengurusnya. Juga pemasangan spanduk atau baliho di tempat yang bukan merupakan dapil yang bersangkutan.

“Termasuk pemasangan stiker di rumah-rumah pun, para caleg mesti menunjukkan surat izin dari yang punya rumah,” kata Emi.

Ia menambahkan, zona kampanye selanjutnya, tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menentukan satu area di setiap desa atau kelurahan sebagai lokasi pemasangan atribut kampanye para caleg.

“Jadi nanti di satu lokasi ada satu zona kampanye untuk semua parpol. Caleg yang mereka usung pun bisa memasang atribut kampanye di zona yang sudah ditetapkan,” sebutnya.

Dikatakan Emi, KPU tidak mengatur wilayah kampanye bagi para caleg dari masing-masing parpol. Semua caleg dari setiap parpol berhak memasang atribut di setiap zona kampanye di seluruh lokasi yang ditentukan.

“Meski begitu, para caleg dapat memasang atribut sesuai dengan dapil masing-masing. Tentunya tidak mungkin mereka memasang atribut di lokasi yang bukan termasuk Dapil mereka,” ujarnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *