Diharapkan Serap 5000 Tenaga Kerja

Ilst. Job Hunter

Ilst. Job Hunter

PALEMBANG, KS-Untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Palembang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), kembali akan menggelar bursa kerja atau job fair.

Bursa kerja ini menurut Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Kerja, Disnaker Palembang, Darminto, akan digelar 27-28 November mendatang. “Dari bursa kerja ini, kita harapkan bisa menyerap antara 4000 sampai 5000 tenaga kerja,” kata Darminto ketika dibincangi, Selasa (22/10).

Dalam bursa kerja tersebut bebernya, Disnaker akan menggandeng sedikitnya 60 perusahaan. Perusahaan-perusahaan itulah, yang diharapkan bisa menyerap tenaga kerja di metropolis. “Job fair, cukup efektif untuk menyerap tenaga kerja. Catatan kita, saat digelarnya job fair oleh Disnaker pada 2012 lalu ada 3000 tenaga kerja yang terserap,” ucapnya.

Karenanya sambung Darminto, Disnaker akan mengusahakan bursa kerja ini bisa digelar secara rutin setiap tahunnya. Tahun ini harapnya, penyerapan tenaga kerja dari pelaksanaan job fair diharapkan bisa meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Disinggung, soal minimnya perusahaan yang berpartisipasi dalam bursa kerja, Darminto menyebutkan, Disnaker akan melakukan berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan di Palembang.

“Jumlah perusahaan di Palembang ini, cukup banyak. Jumlahnya mencapai sekitar 3000 perusahaan, baik itu berskala besar, menengah maupun kecil. Kita harapkan mereka mau berpartisipasi, untuk mengurangi jumlah pencari kerja di Kota Palembang,” imbuhnya.

Sebenarnya sambung Darminto, perusahaan-perusahaan itu ada kewajiban untuk karyawannya dari pencari kerja lokal. Apalagi itu sudah diatur, dalam peraturan presiden (Perpres).  “Kami juga mengharapkan bantuan media baik cepat maupun elektronik, untuk menginformasikan ini ke perusahaan-perusahaan yang  ada di Kota Palembang,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, Disnaker terus berusaha agar pencari kerja di Kota Palembang bisa terserap. Tidak hanya melalui bursa kerja, tetapi juga melalui penerimaan pegawai yang dilakuan perusahaan secara terbuka.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




One thought on “Diharapkan Serap 5000 Tenaga Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *