BLPT Adakan Uji Kompotensi Untuk Siswa SMK

Ilst.

Ilst. Antarafoto.com

PALEMBANG | KS-Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Kota Palembang mengadakan uji kompetensi untuk para alumni SMK yang ada di Sumsel yang dilaksanakan sejak 21 hingga 25 Oktober mendatang.

Usman Saleh kepala BLPT Palembang mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut diikuti sebanyak 70 peserta dari SMK negeri dan swasta se-Sumsel “ Kegiatan ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya untuk gelombang pertama telah dilaksanakan pada Agustus dan di ikuti 140 peserta dari SMK se-Sumsel,”ujarnya.

Usman mengatakan, Kegiatan uji kompetensi ini berbeda dengan kegiatan uji kompetensi sekolah biasa, kegiatan ini merupakan program dari BLPT yang mengadakan uji kompetensi kepada mantan siswa SMK yang telah lulus.

“Anak – anak tersebut dipanggil untuk di uji kompetensinya, setelah lulus uji kompetensinya akan diberikan sertifikat berstandar nasional,” ujar Usman saat di wawancarai diruangnya, Selasa (22/10).

Usman berharap, dengan diadakanya uji kompetensi bagi para alumni ini anak-anak yang menacari pekerjaan akan mudah, karena perusahaan tidak menanyakan ijazah, tetapi perusahaan menanyakan kompetensi siswa itu apa.

“Jadi siswa yang diterima diperusahaan akan terfokus dengan bidang keahlian yang dimiliki. Kegiatan ini guna mempermuda untuk mencari kerja. Karena SMK itu menamatkan siswa yang siap kerja,”pungkas Usman.

Ditambahkannya, untuk tahun 2014 BLPT juga akan mengembangkan lagi uji kompetensi yang berstandar nasional untuk guru. BLPT siap melaksanakan uji kompetensi untuk Kabupaten se-sumatera selatan.

Aidil salah satu perwakilan SMK 1 Baturaja mengatakan, dirinya sangat senang dengan adanya pelatihan uji kompotensi ini, dengan adanya uji kompotensi dapat mempermudah dirinya dalam melamar pekerjaan.

“Apalagi setiap peserta akan diberi sertifikat berstandar nasional dan ini sangat membantu kami untuk mendaftar keperusahan baik di dalam negeri maupun luar negeri,”harapnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *