Fasilitas Sekolah SMK Harus Lengkap

Ilst. SMK | Antaranews.;com

Ilst. SMK | Antaranews.;com

PALEMBANG | KS-Untuk meningkatkan mutu pendidikan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) perlu ada dorongan dari pihak pemerintah serta peran guru terutama dalam menunjang mutu pendidikan bagi siswa. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan generasi yang mampu merebut kesempatan memasuki dunia kerja atau dunia wirausaha.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)  Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Sumatera Selatan Usman Saleh mengatakan, dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu ada beberapa hal yang harus menunjang baik guru yang tidak lagi gagap teknologi (GAPTEK) maupun fasilitas yang dimiliki oleh SMK tersebut misalnya, alat-alat untuk praktek dan fasilitas lainnya.

“Dalam menunjang mutu pendidikan di SMK perlu peran penting dari pemerintah dan sekolah tersebut harus juga memiliki tenaga pengajar yang profesional baik penguasaan dalam belajar maupun dalam bidang lainnya sehingga lulusan-lulusan SMK mudah terserap dalam memasuki dunia pekerjaan,” ujarnya saat ditemui diruangnya, Senin (21/10).

Menurutnya, tamatan SMK harus memiliki kemampuan untuk ikut menggerakkan roda ekonomi dan industri yang melimpah di Indonesia ini. Oleh sebab itu, siswa SMK harus dibekali dengan berbagai kecakapan, seperti inovasi, kreatifitas, kapabilitas teknologi, serta seni dan budaya.

“Inilah karakter para siswa SMK yang harus kita tanamkan betul dan dibentuk, seiring dengan penanaman nilai-nilai kerja keras, menyukai tantangan dan kompetensi yang sehat, mandiri, bertanggungjawab,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap SMK ini dapat memacu dan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sebagai program strategis peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan SMK sebagai penggerak ekonomi bagi bangsa.

Kedepan pihaknya,  akan memberlakukan sistem pengajaran dengan menggunakan tablet atau alat elektronik dengan begitu proses belajar akan lebih mudah. Dan guru-guru SMK yang GAPTEK akan diberikan pelatihan-pelatihan agar mereka dapat menguasai hal tersebut.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Pemudah dan Olaraga (Kadispora) Ahmad Zulinto saat di hubungi melalui telepon mengatakan, dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK perlu ada beberapa faktor yang menunjang baik itu tenaga pengajarnya maupun fasilitas yang dimiliki oleh SMK itu sendiri.

“Dengan fasilitas yang lengkpa, maka proses belajar tidak mengalami hambatan baik guru maupun siswanya,” ungkapnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *