Diramaikan ‘Pesta’ UMKM dan Koperasi

ukm

Ilst. UKM

 

*Saat Pelantikan Gubernur dan Wagub

PALEMBANG, KS-Pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki, direncanakan akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2013-2018 pada 7 November mendatang di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Palembang.

Pelantikan orang nomor satu dan dua di Bumi Sriwijaya ini, nantinya akan sedikit berbeda dari sebelum-sebelumnya. Jika selama ini, pelantikan tersebut sifatnya seremonial belaka namun nanti pelantikan gubernur dan wagub tersebut akan diramaikan dengan ‘pesta’ usaha kikro kecil,dan menengah (UMKM) serta koperasi.

“Saat pelantikan nanti, akan ada pameran produk-produk UMKM dan koperasi di Sumsel. Ini sengaja kita buat, untuk memeriahkan pelantikan tersebut sekaligus sebagai daya tarik bagi undangan yang hadir,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sumsel, Abdul Shobur ketika dibincangi usai rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (21/10).

Ia menyebut, pameran tersebut akan diramaikan oleh ratusan UMKM dan koperasi di Sumsel. Pelantikan gubernur dan wagub tersebut kata Shobur menurut Shobur, adalah momen yang tepat untuk mempromosikan produk-produk UMKM dan koperasi di Sumsel.

Sebab jelas Shobur, saat itu akan banyak tamu dan undangan yang hadir mulai dari kepala daerah di Sumsel, anggota DPR RI, DPD asal daerah pemilih (dapil) Sumsel, gubernur se Sumatera, tokoh nasional asal Sumsel, tokoh masyarakat dan lainnya.

“Pada pelantikan gubernur dan wagub nanti, UKMK akan menampilkan produk-produk andalan yang dihasilkan. Berbagai aneka ragam produksinya, tergantung dari para pengusaha ingin menampilkan hasil karya yang dianggapnya baik.UKMK yang akan berpartisipasi, di bidang makanan, tekstil, industri kreatif,” bebernya.

Shobur menambahkan, dilibatkannya UKMK pada saat pelantikan gubernur dan wagub tersebut, juga sebagai tanda syukur dari UMKM dengan dilantiknya gubernur dan wagubSumsel periode 2013-2018.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Sumsel, Hj Sri Dewi Titisari mengatakan, pihaknya juga akan melibatkan UMKM khususnya di bidang perikanan dalam pameran yang memeriahkan pelantikan gubernur dan wagub Sumsel tersebut.

“Kalau seandainya pada pelantikan gubernur dan wagub Sumsel nanti akan ada penampilan UMKM, maka kita akan siapkan. Ini sebagai bentuk partisipasi, juga karena momennya sangat pas sekali,” ucapnya.

Adapun U yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel yaitu sebanyak 2072 UMKM. “UMKM yang akan kita tampilkan ini, khusus bidang perikanan. Nah yang akan kita siapakan yaitu seperti body bag dan sebagainya,” ujar Sri.

Sementara itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyambut baik rencana dari kedua dinas tersebut. Ia pun memberikan apresisasi terhadap seluruh jajaran pemprov, yang sudah sangat mumpuni dalam membantu menjalankan roda pemerintahan di Sumsel.

“Sangat bagus, kalau bisa dinas-dinas dan SKPD lain juga dipersilahkan jika ingin membuat hal yang serupa. Karena ini merupakan bentuk partisipasi, yang bisa membuat provinsi ini dikenal melalui pameran tersebut,” tukasnya.

Teks     : Imam Mahfudz Ali
Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *