Bupati OKI : Usia Harapan Hidup Meningkat

Ishak Mekki

Ishak Mekki

KAYU AGUNG.KS-Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), mencatat selama emapt tahun, angka kelahiran mengalami peningkatan mencapai 3,3 persen. Hal itu berarti, angka kematian ibu melahirkan menurun.

Bupati OKI, Ishak Mekki mengatakan, usia harapan hidup terus meningkat, dari 67,79 tahun pada 2009 meningkat menjadi 68, 48 tahun.  Keberhasilan ini tentu buah dari kerja keras pemerintah kabupaten OKI dan kersama masyarakat Kabupaten OKI,

“Memang angka kematian ibu melahirkan setiap tahunnya masih fluktuatif, tetapi tidak sampai menyentuh angka 18 orang,” terangnya.

Ia menambahkan, masih fluktuatifnya angka kematian ibu hamil dan melahirkan  dapat dilihat dari data di Dinas Kesehatan OKI, pada tahun 2007 dimana angka kematian ibu yang melahirkan dan nifas sebanyak 17 orang.

“Pada tahun 2008 sebanyak 17 orang, tahun 2009 menurun menjadi 7 orang dan 2010 sebanyak 11 orang. Kemudian tahun 2011 naik menjadi 14 orang, sementara tahun 2012 tercatat sebanyak 11 kasus,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan OKI, Dr Hakim mengatakan, kematian ibu hamil dan melahirkan ini banyak disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan ibu hamil. Persoalan kematian yang terjadi lantaran indikasi yang lazim muncul.

“Penyebabnya seperti pendarahan, keracunan kehamilan yang disertai kejang kejang, aborsi, dan infeksi,” jelasnya.

Sambungnya, masih ada faktor lain yang juga cukup penting. Misalnya, pemberdayaan perempuan yang tak begitu baik, latar belakang pendidikan, sosial ekonomi keluarga, lingkungan masyarakat dan politik.

“Kebijakan juga berpengaruh. Kaum lelaki pun dituntut harus berupaya ikut aktif dalam segala permasalahan bidang reproduksi secara lebih bertanggung jawab,” bebernya.

Ia menambahkan, pihaknya juga terus bekerjasama dengan gerakan Sayang Ibu (GSI) untuk menekan angka kematian bayi lahir dan ibu yang melahirkan. “Saat ini GSI sudah gencar-gencarnya melakukan kegiatan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi, mudah-mudahan dengan adanya kerjasama yang baik antara pemkab OKI dengan GSI bisa terus membantu menurunkan angka kematiab ibu dan bayi lahir,” harapnya.

Teks : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *