Proyek Tanpa Papan Nama Banyak Ditemukan

‪‪

Proyek Rehab Eks Gedung DPRD Muaraenim yang belum memiliki papan nama.

Proyek Rehab Eks Gedung DPRD Muaraenim yang belum memiliki papan nama.

MUARAENIM|KS-Entah di sengaja atau tidak, proyek tanpa papan nama di wilayah Kabupaten Muaraenim banyak ditemukan dan bahkan  lagi ngetrend. Akibatnya, warga dan lembaga pemantau di masyarakat sedikit kebingungan melakukan pengawasan sebab proyek tersebut terkesan proyek siluman.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera di lapangan, Minggu (20/10), ada beberapa proyek pemerintah yang dikerjakan oleh kontraktor yang tidak atau belum mempunyai papan nama. Selain itu juga, ada bangunan yang selesai dibangun dan belum serah terima tetapi papan nama proyeknya juga telah hilang.

Salah satu proyek yang belum mempunyai papan nama, tetapi sudah dikerjakan yakni rehab atap gedung eks mess DPRD Kabupaten Muaraenim. Padahal gedung tersebut baru sekitar empat tahun yang lalu atap dan plafon baru selesai direhab.

“Papannya masih dibuat pak. Kata bos, mungkin dua atau tiga hari baru akan di pasang,” tutur salah seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya yang membongkar atap bangunan gedung eks mess DPRD Kabupaten Muaraenim.

‪‪Iman Suryanto dari LSM Pemantau Pembangunan Kabupaten Muaraenim ketika dibincangi Kabar Sumatera mengatakan modus oknum pemborong yang cenderung enggan untuk mematuhi memasang papan nama proyek ini, cukup banyak. Bahkan, kata dia, pernah ada kejadian proyek yang mulai pengerjaan awal sampai akhir tidak terlihat ada papan nama proyeknya sehingga terkesan proyek tersebut seperti dibangun pribadi bukan oleh dana negara.

“Ada juga yang papan proyeknya sudah dibuat, tetapi di pasang ditempat tersembunyi atau di sembunyikan, jika ada pihak yang menanyakan barulah papan proyek itu dikeluarkan,” ujarnya.

Terkait masalah ini, Kadis PU Cipta Karya Kabupaten Muaraenim, Ir H Ramlan Suryadi MSi mengatakan, dirnya belum mengetahui akan adanya proyek tanpa papan nama tersebut. Tetapi ia berjanji akan segera memerintahkan kontraktornya untuk memasang papan proyek tersebut.

‪‪”Memang ada proyek itu, tapi saya cek dulu. Kalu benar belum dipasang, aku perintahkan untuk pasang,” pungkas Ramlan singkat.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *