Pemkab OKI Usulkan Nama Mantan Bupati OKI Untuk Nama Jalan

oki

KAYU AGUNG,KS-Pemkab OKI mengusulkan dua nama mantan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) terdahulu untuk dijadikan nama jalan di dalam perkotaan Kayuagung. Usulan ini untuk kembali mengenang dan memberikan penghargaan kepada tokoh yang sudahberjasa bagi Kabupaten OKI.

Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM, beberapa mengatakan, hingga saat ini Kabupaten OKI yang telah berusia 68 tahun telah memiliki belasan mantan bupati. Sebagian besar diantara mereka yang sudah mengabdi untuk daerahnya telah meninggal dunia.

Sambungnya, untuk menghargai pengabdian mantan bupati itu maka nama-nama diantaranya diusulkan untuk dijadikan nama jalan raya. Sedikitnya ada dua nama yakni mantan Bupati OI Kol HM Yusuf Halim dan Kol HA Latif Rais yang akan dijadikan nama jalan.

“Nama kedua mantan Bupati OKI yang semuanya berdarah militer ini melengkapi sejumlah nama jalan yang telah ada saat ini yang juga dari militer. Diantaranya Jalan Letnan Muchtar Saleh, JalanLetkol HM Yusuf Singedekane dan Jalan Letkol Pol Nawawi,” ungkapnya.

Selain mengambil nama mantan bupati yang dijadikan nama jalan, Ishak Mekki mengatakan, sejumlah nama yang terbilang merupakan tokoh yang sudah sangat berjasa di Kabupaten OKI juga akan diabadikan sebagai nama tempat yang cukup mudah diingat semua pihak.

“Kita sedang membangun Taman Prof H Amri Yahya. Beliau merupakan putra asli asal OKI sebelum Kabupaten OKI dimekarkan menjadi OKI dan Ogan Ilir. Beliau merupakan seniman yang sudah membawa harum nama daerah,” ujarnya.

Juga akan dibangun Taman Resident Yahya. Bukan itu saja, GOR Kayuagung yang baru selesai di bangun juga akan diberi nama kedaerahan yakni GOR Perahu Biduk Kajang. “Juga telah dibangun stadion mini Bende Seguguk,” jelasnya.

Dipaparkannya, perahu Biduk Kajang merupakan alat transportasi khas masyarakat Kabupaten OKI yang zaman dahulu digunakan warga untuk bertransportasi di Sungai Komering. “Zaman modern sekarang, perahu tersebut sudah sulit ditemukan bahkan mungkin tidak ada lagi,” pungkasnya.

Teks : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *