Munculkan Minat Wirausaha Kepada Para Pemuda

Tampak para pemuda-pemudi sedang mengikuti pelatihan kewirausahaan.

Tampak para pemuda-pemudi sedang mengikuti pelatihan kewirausahaan.

MUARA ENIM I KS-Sebanyak 100 orang pemuda dan pemudi, terdiri dari pelajara SMA dan mahasiswa di Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Muaraenim mengikuti pelatihan kewirausahaan.

Kegiatan ini sendiri, diselenggarakan oleh Yayasan Kesejahteraan Islam Serasan Sekundang (YKISS) Kabupaten Muaraenim.

Kegiatan yang bertempat di Gedung Serba Guna RSUD HM Rabain Muaraenim ini, bertujuan untuk menciptakan wirausaha muda yang mandiri, agamis, dan berkonsep ekonomi syariah. Selain itu juga untuk memberikan bekal pengetahuan, wawasan dan ketrampilan berwirausaha di kalangan umat muslim, khususnya di kalangan generasi muda pelajar, santri, dan mahasiswa.

“Kita berharap melalui kegiatan ini, dapat memunculkan minat dan keinginan para pemuda untuk berwirausaha. Tentunya dengan dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang memadai, sehingga bisa menjadi wirausahawan yang sukses,” tutur Ketua Pelaksana Kegiatan, H Nurdin Masyir BA, disela-sela kegiatan.

Nurdin mengaku, sejak didirikan Yayasan Kesejahteraan Islam Serasan Sekundang (YKISS), pada tanggal 27 September 2010 silam, sesuai dengan tujuannya bergerak dalam bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan. Pelatihan ini, adalah salah satu program YKISS.

“Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini telah kita selenggarakan sejak 2012 lalu. Motto yang menjiwai kami mengapa melaksanakan pelatihan kewirausahaan muslim ini adalah 9 dari 10 sahabat Nabi adalah Enterprener atau wirausahawan,” kata Nurdin.

Pelatihan kewirausahawan tahun ini , terang Nurdin, mengundang  pemuda dan pemudi muslim terutama para pelajar dari tingkat SMA hingga perguruan tinggi yang ada di kota Muaraenim. Para peserta tersebut dibekali panitia berupa peralatan tulis seperti buku, pena, dan foto copy isi materi yang disampaikan. Materi sendiri,  disampaikan oleh beberapa praktisi dibidangnya seperti Drs Teguh Sobri MPdi dosen IAIN Raden Fatah Palembang, Drs Darmawan Kadin UKM Kabupaten Muaraenim, dan Drs H Dibyo Manager KBL PT BA.

“Kegiatan ini berlangsung tiga hari, dari tanggal 18 hingga 20 Oktober. Dan kegiatan ini juga dibiayai dari dana hibah Pemkab Muaraenim tahun 2013 ini,” pungkas Nurdin.

Sementara itu, Solihin, salah seorang peserta mengaku senang dengan kegiatan pelatihan kewirausahaan ini. Bagi dirinya ini baru pertama kalinya mengikuti kegiatan seperti ini. Harapan dia, setelah mengikuti pelatihan seperti ini nantinya ia dapat menciptakan peluang usaha.

“Senang kak ada kegiatan pelatihan kewirausahaan ini. Cita-citaku emang pingin menjadi pengusaha, bukan kepingin jadi PNS,” kata Solihin, siswa SMKN 2 Muaraenim ini.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *