DPT Sumsel Capai 5,7 Juta Pemilih

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

PALEMBANG, KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), akhirnya menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Sumsel untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April 2014 mendatang. Keputusan itu, diambil dalam rapat pleno KPU Sumsel yang digelar di Hotel Budi, Palembang, kemarin.

Dalam rapat pleno yang dihadiri semua komisioner KPU Sumsel, KPU kabupaten/kota, badan pengawas pemilu (bawaslu) dan partai politik (parpol) peserta pemilu 2014 itu ditetapkan jumlah DPT Sumsel mencapai 5.793.191 pemilih.

“Rinciannya, 2.833.297 pemilih laki-laki dan 2.776.689 pemilih perempuan,” kata komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis dan Data, Herlambang usai penetapan rekapitulasi DPT, kemarin.

Dijelaskan Herlambang, angka tersebut, berkurang sebanyak 32.574 mata pilih dari DPT pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumsel, 6 Juni lalu. Pengurangan ini, didapatkan  setelah dilakukan verifikasi di tingkat KPU kabupaten/kota dengan menggunakan software sidalih dan langsung ke lapangan.

“Berkurangnya jumlah pemilih ini, karena ditemukan ada ribuan data pemilih ganda sehingga langsung di coret dari DPT. Selain itu, kita juga temukan pemilih yang tidak memenuhi syarat seperti bawah umur dan berubah status serta meninggal,” ucap Herlambang.

Meskipun telah ditetapkan, lanjut Herlambang, bukan berarti berakhir. Tapi masih bisa berubah seiiring penetapan DPT secara nasional oleh KPU RI. Selain itu, meskipun terdapat warga yang berhak tapi tidak masuk DPT, tetap bisa memilih dengan menggunakan kartu tanda penduduk di daerah domisili masing-masing.  “Tapi kami sudah berusaha sedetail dan seteliti mungkin dalam menetapkan DPT ini,” paparnya.

Herlambang mengaku, KPU Sumsel sempat mengalami kesulitan dengan penetapan DPT di Kabupaten Empat Lawang. Itu karena komisoner setempat yang masih merasa terancam pasca pemilihan bupati (Pilbub). “Tapi bisa kita atasi dengan menggunakan software yang ada,”ujarnya.

Sementara itu, komisioner KPU Kota Palembang Divisi Data dan Humas, Abdul Karim Nasution dibincangi terpisah mengatakan, KPU Palembang sudah menetapkan DPT di kota empek-empek ini untuk pileg mendatang sebanyak1.126.356 pemilih.

Saat ini jelasnya, KPU Palembang masih melakukan penyempurnaan data pemilih tersebut dengan cara melakuan monitoring terhadap hasil pendataan dan evaluasi yang dilakukan panitia pemungutan suara (PPS). “Kita juga akan datangi kelurahan, untuk mengkroschek data hasil pencermatan yang dilakukan PPS dan panitia pendaftaran pemilih (pantarlih) terhadap DPT,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *