Tanjung Agung, Ladang PAD yang Tak Tergarap

Air Tejun Bedegung | Dok KS

Air Tejun Bedegung | Dok KS

MUARAENIM | KS-Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muaraenim, memiliki banyak potensi objek wisata. Selain objek wisata Air Terjun Bedegung yang terletak di Desa Bedegung ada sejumlah wisata lainnya yang juga menarik wisatawan. Air Terjun Bedegung, kini telah menjadi objek wisata kebanggaan dan icon bagi Kabupaten Muaraenim.

Seiring dengan berbagai potensi wisata, direncanakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim (Pemkab) Muaraenim juga akan segera mengelola objek wisata Air Terjun Napal Carik yang terletak di Desa Muara Emil.

Selain itu masih ada tempat-tempat potensi objek wisata lain yang hingga kini belum terjamah oleh masyarakat luas dan masuk dalam kawasan hutan suaka alam. “Kecamatan Tanjung Agung memiliki banyak potensi objek wisata selain objek wisata Air Terjun Bedegung dan Napal Carik, namun hingga kini belum terjamah, karena lokasinya masuk kawasan hutan suaka alam,” tutur Iskandar Dinata, salah seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Tanjung Agung, saat dibincangi Kabar Sumatera (KS).

Iskandar menyebutkan, sejumlah daerah yang memiliki potensi objek wisata air terjun diantaranya di Desa Sleman dan Desa Muara Emil. “Namun daerah tersebut tidak boleh dikelola begitu saja, harus ada izin dari Menteri Kehutanan terlebih dahulu karena masuk dalam kawasan hutan suaka alam,” tuturnya.

Demikian juga dengan objek wisata Napal Carik yang masuk dalam kawasan hutan suaka alam. Iskandar menyebutkan, pada pertengahan 2011, telah dilakukan pengerasan jalan menuju objek wisata Napal Carik pada program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD).

Iskandar berharap, dengan maksimalisasi potensi wisata ini, nantinya di Kecamatan Tanjung Agung dapat dikelola dan digali dengan baik, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya di sektor wisata. “Kita berharap semua potensi objek wisata di Kecamatan Tanjung Agung dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan PAD,” harap Dinata.

TEKS : SISWANTO

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *