Taman PT BA : Hidup Segan Mati Tak Mau

 

Tampak masyarakat sedang menikmati suasana di Taman PTBA

Tampak masyarakat sedang menikmati suasana di Taman PTBA

MUARAENIM, KS-Bagi Anda yang pernah masuk komplek PT BA, sudah tentu akan melewati sebuah taman. Hampir setiap sore, apalagi hari libur, taman ini banyak dikunjungi oleh warga. Bukan hanya dari Tanjung Enim saja, melainkan banyak orang luar yang sengaja datang untuk menghbur diri di taman itu. Wajar, sebab hampir suasana di tanjung Enim sangat miskin hiburan.

Kepada Kabar Sumatera (KS), Haidir (35), salah satu pengunjung  menyebutkan, sebenarnya taman PT BA Tanjung Enim bisa dikembangkan menjadi lokasi objek wisata baru bagi masyarakat di Tanjung Enim dan sekitarnya. Tapi ini akan terjadi jika potensi itu dikelola dengan baik dan ada tambahan fasilitas bermain bagi anak-anak.

“Taman PT BA bisa menjadi objek wisata yang mengasyikan dan menyenangkan bagi masyarakat kota Tanjung Enim dan sekitarnya. Apabila dikelola dengan baik serta diberi berbagai wahan bermain bagi anak-anak,” tutur Haidir, yang biasa menghabiskan akhir pekannya bersama keluarga di taman PTBA.

Ia mengatakan, setiap akhir pekan dan libur nasional taman PT BA Tanjung Enim selalu ramai dikunjungi warga. Taman PT BA merupakan tempat hiburan satu-satunya yang ada di Kota Tanjung Enim. Suasananya begitu sejuk dan indah. “Jadi wajar bila taman PT BA bisa menjadi tempat hiburan alternatif saat libur akhir pekan dan libur nasional,” tambahnya.

Akan tetapi, melihat fakta di lapangan, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi oleh pihak pengelola guna menarik minat masyarakat. Diantaranya sarana bermain bagi anak-anak dan dewasa. Selama ini, sejumlah pengunjung hanya datang, duduk, dan cerita lalu pulang. Tidak ada sesuatu yang bisa dinikmati selain sekadar duduk dan makan bersama keluarga di lokasi itu.

“Intinya, taman PT BA jika dikelola dengan baik bisa menjadi lokasi objek wisata baru bagi masyarakat Tanjung Enim pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Muara pada umumnya, ” ungkap Haidir.

Senada dengan itu, Dewi (35) warga lain yang juga sering berkunjung di taman mengatakan, sebenarnya taman PT BA bisa menjadi salah satu tempat hiburan alternatif bagi masyarakat dan juga objek wisata baru. Sebab menurut Dewi, taman PT BA, selain suasananya sejuk dan nyaman, bisa juga sebagai tempat penyaluran hobi berupa memancing dan kegiatan out bond lainnya.

“Oleh karena itu, taman PT BA harus dikembangkan. Perlu ditambah dengan berbagai macam fasilitas bermain bagi anak-anak, seperi perahu karet, kuda-kudaan, dan lain-lain, sehingga nantinya taman PT BA dapat menjadi hiburan alternatif bagi masyarakat di kemudian hari terutama saat akhir pekan dan libur nasional,” harap Dewi.

Namun Haidir dan Dewi hanya warga yang bia berharap. Kekuatan mereka dan warga lainnya hanya kata-kata. Sejak tahun 2004 hingga sekarang, taman PTBA menjadi potensi wisata yang terlupa. Bukan dilupakan oleh warga dan poengunjung, tetapi terlupa dari pemberdayaan si pemilik lahan taman, siapa lagi kalau bukan PT BA di Tanjung Enim. Kini warga hanya berharap, pengembangan potensi wisata itu dapat lebih dikelola dengan baik, sehingga taman itu bukan menjadi barang yang ‘hidup segan mati tak mau’. Diharapkan, di masa mendatang Taman PT BA dapat hidup dan menghidupi warga sekitar, melalui pengembangan ekonomi kreatif bagi warga di sekitar Tanjung Enim.**

TEKS / FOTO : SISWANTO

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *