Tak Sesuai Anjuran, Daya Tahan Mesin LCGC Akan Berkurang

LCGC

LCGC

PALEMBANG | KS-Dalam program LCGC  ada aturan yang menyebutkan bahwa pengguna LCGC itu wajib menggunakan BBM dengan RON 92 atau menggunakan bahan bakar pertamax. Namun, soal keputusan akhir memang diserahkan kepada pengguna mobil murah, apakah akan mengikuti anjuran atau nekad menggunakan premium.

“Kami dari pihak diler menyarankan Sesuai aturan, harus pakai Pertamax. Kalau mengunakan pertamax konsumsi bahan bakarnya lebih irit, dari pada mengunakan premium konsumsi bahan bakarnya akan lebih banyak,” ungkap David Susilo, Operation Manager ENCAR DAIHATSU Palembang kemarin (18/10).

Dia mengatakan, dengan pengunaan BBM dengan kadar oktan tinggi kerja mesin akan lebih muda dan sempurna , jadi untuk hitungan-hitungan cos akan sama saja, dimana pengunaan perium akan lebih sering di isi, perbandingan akan jauh irit BBM bila Menggunakan pertamax di banding primium, walaupun perlu merogoh kocek lebih banyak yaitu mengunakan bahan bakar non timbal atau pertamax. Walaupun harga lebih mahal dibanding premium, tapi manfaatnya bagi kendaraan  begitu besar.

”Tapi kami tak bisa memaksa konsumen. Yang pasti jika pakai tak sesuai anjuran, daya tahan mesin berkurang. Konsumen harus tahu resikonya seperti itu,”  ungkapnya.

Pihak Daihatsu tidak bisa memastikan sampai berapa tahun mobil LCGC  dapat menggunakan premium. Soal berapa lama ketahanan mesin tidak ada jaminan.

“Itu relatif sekali, kalau dipakai untuk jarak pendek sih bisa jadi nggak apa-apa. Apakah berapa tahun bertahannya? relatif juga tergantung perilaku pengendara,” jelasnya.

Namun demikian, pihak Daihatsu memastikan bila mengkonsumsi premium, secara total mobilitas kendaraan akan terganggu. Hal itu juga berlaku untuk kembarannya, Toyota Agya.

Untuk di ketahui inden kedua produk LCGC yang berbeda di wilayah sumsel ini mencapai 300 unit, dimana setiap dilert tersbut mendapat jatah kiriman Ayla dan Agya 30 sampai 40 unit perbulan.

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *