Jalan Kerani Ahmad Sukomoro Amblas

Ilst. Jalan Rusak | Dok KS

Ilst. Jalan Rusak | Dok KS

BANYUASIN|KS-Diduga akibat kurangnya perhatian dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Jalan Kerani Ahmad Kelurahan Sukomoro jadi amblas. Akibatnya, arus lalulintas   di lokasi itu pun tersendat. Semua jenis kendaraan terpaksa mengambil  jalan pintas.

Awalnya, tersebut hanya berlobang kecil. Lantaran dibiarkan terlalu lama akibatnya menjadi rusak parah bahkan kini kondisinya menjadi amblas.

Pantuaan  di lokasi, panjang  jalan yang  amblas sekitar dua meter lebar  empat meter, dengan membentuk lubang  sedalam 1,5 centimeter.  Arus lalulintas di lokasi itupun tersendat. Semua jenis kendaraan terpaksa mengambil  jalan pintas.

Rohim (48), warga  yang bermukim di sekitar lokasi   mengatakan, amblasnya jalan sudah terjadi sekitar 1 tahun terakhir. Awalnya, lokasi itu bertebing, karena penimbunannya kurang padat menyebabkan amblas.

Bukan karena  itu saja, tidak adanya drainase air yang membelah jalan juga menjadi salah satunya penyebabnya. “Tidak ada  drainase sehingga aliran air hujan kerap  membelah jalan,” katanya.

Ia menambahkan, selain itu juga banyaknya mobil truk yang melintas membuat badan jalan amblas. Kondisi jalan pernah diperbaiki namun, tidak lama kemudian mengalami kerusakan kembali.

Ulis (56), tokoh masyarakat mengatakan, sejumlah masyarakat pernah meminta pengusaha dan pabrik di sekitar lokasi membantu perbaikan jalan, namun permintaan itu tidak terealisasi karena beberapa perusahan menolaknya.

“Rapat bersama antar perusahan dan masyarakat pernah digelar bersama pemerintah kelurahan setempat, tapi menemui jalan buntu, dan hingga kini jalan masih dalam kondisi rusak berat,” katanya.

Teks : Diding Karyadi

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *