Dirut PDAM : Oknum PDAM “Dagang” Pipa Kami Mutasi

Ilst. Pipa PDAM

Ilst. Pipa PDAM

BANYUASIN|KS-Banyaknya keluhan warga tentang ada indikasi “diperdagangkannya” pipa SR (saluran rumah), di beberapa daerah di Banyuasin memancing reaksi Direktur PDAM Tirta Betuah

Direktur Perusahaan Daerah Air minum (PDAM), Tirta Betuah Kabupaten Banyuasin,  Bakrie, mengatakan itu pihaknya telah memberikan sangsi terhadap oknum yang memperjualbelikan pipa tersebut.

Ia menambahkan, sebelum di sangsi  pihaknya terlebih dahulu sudah melakukan pengecekan ke lapangan dan memang menemukan adanya oknum yang nakal.

“Oknum pegawai PDAM yang nakal sudah kita mutasi biar tidak terulang kejadian yang dirasa membebani  pelangan,” ungkapnya.

Diterangkannya, harga penambahan pipa permeternya Rp 25 ribu itu tidak dibenarkan. “Pipa  SR yang disediakan oleh pihak PDAM panjangnya 6 meter jika  tidak cukup sampai ke rumah warga maka warga bisa membeli ke pihak PDAM permeternya Rp 8000, ditambah biaya pemasangan menjadi Rp 8500. Jadi permeternya 16.500,-itu yang resmi.  Jika ada oknum samapai meminta biya pipa 25.000,-tidak dibenarkan,” ujarnya.

Berdasarkan kesepakatan yang diambil pihak PDAM, sambungnya, harga pemasangan PDAM sampai ke rumah sebesar 1.171.008,- dan sudah terhitung biaya pipa sepanjang 6 meter. “Itu merupaka biaya pokok yang dikeluarkan calon pelangan PDAM,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk biaya pemasangan langsung ke rumah, pihak PDAM tidak bisa menetukan harga. “Itu tergantung persetujuan pelangan dan pegawai (intalasi -red), dilapangan. Memeng terkadang inginnya masyarakat ini berbeda-beda ada yang mampu tidak keberatan, sebaliknya yang tidak mampu mengeluhkan,” sambungnya

Disingung upaya ke depan, PDAM Betuah melakukan surpey terlebih dahulu agar dapat di ketahui akar permasalahannya. “Apa harus ada penambahan pipa atau tidak, yang pasti ke depan kita sudah merujuk pada standar PDAM propinsi yang mana harus melalui surpey agar tidak ada lagi berkembang opini-opini mengatakan hal miris tentang PDAM,” tuturnya.

Seperti yang diberitakan, diduga ada pungli di dalam pemasangan PDAM Tirta Betuah.  Ribuan calon pelanggan PDAM Tirta Betuah yang ada di wilayah Kecamatan Talang Kelapa, khususnya di daerah Kenten Sejahtera  di duga menjadi korban oknum petugas PDAM.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *