Pelamar KPU Kesulitan Soal Psikotes

Ilst. Test Psikotes

Ilst. Test Psikotes

INDERALAYA|KS-Puluhan pelamar untuk menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengakui soal-soal psikotes tertulis sulit.

Sulitnya soal-soal tersebut lantaran banyaknya jumlah soal disertai cepatnya waktu mengerjakan membuat 35peserta kelimpungan menjawab

Massuryati, mantan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Ogan Ilir yang ikut melamar menjadi anggota KPU OI mengatakan, soal yang diberikan panitia dinilai sulit. Selain sulit, waktu yang terbatas juga menyulitkan para pelamar untuk menjawab soal.

“Wah, soalnya ratusan waktu menjawabnya sebentar, buat kita pusing.Susah soalnya, ibaratnya buat kepala pecah. Kalau hari ini kan wawancara sama psikolognya pertanyaanya gampang mengenai diri kita, bagaimana peranan KPU sebagai penyelenggara pemilu dan sebagainya,” katanya.

Sementara itu, peserta lainnya Hasan Herry mengatakan meski semua soal- susah namun dirinya memiliki waktu banyak untuk berpikir. “Insya Allah mudah hanya saja perlu ketelitian, kalau wawancarakan hanya menjelaskan soal kita pribadi dan sebagainya,” katanya.

Sedangkan Ketua KPU OI Amrah Muslimin yang juga mengikuti tes mengatakan sebenarnya materi soalnya sederhana namun karena waktunya sedikit dan singkat, sehingga membuat mental dan energi terkuras.

“Ya kemarin soal tertulis, hitungan, gambar membuat sisi mental diuji, Soal-soalnya berhubungan dengan gambar, menyangkut integritas,mentalitas, kemampuan nalar, dan sebagainya. Kalau hari ini kan wawancara, Insya Allah lah doakan saja,” katanya.

Terpisah, Ketua Timsel KPU OI Wilson Effendi mengatakan dari 36 peserta, ada satu orang peserta atas nama Rusdi gugur karena terlambat datang psikotes tertulis.

“Nanti setelah rangkaian tahapan ini kita umumkan ada 20 besar selanjutnya kami tes wawancara dan uji publik kemudian diumumkan 10 besar, setelah itu kita serahkan ke KPU Sumsel untuk diambil 5 besar,” katanya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi




One thought on “Pelamar KPU Kesulitan Soal Psikotes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *